Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk KFC (Studi Kasus di Restoran KFC Cabang Kawi Malang)
Main Author: | Purwitasari, Dhaniar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150235/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/150235/ |
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis telah membuat berbagai perusahaan untuk berlomba merebut dan mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satu sektor yang masuk dalam dunia usaha adalah sektor perdagangan, khususnya perdagangan di bidang kuliner. Konsumen memiliki peluang yang luas untuk mendapatkan produk dengan sederet pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Karena itu, konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar bagaimana produk itu sampai ke konsumen tapi lebih kepada apakah produk itu telah memenuhi kebutuhan permintaan kepuasan konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar tetap bertahan di industri makanan cepat saji dan untuk bertahan dalam meningkatkan penjualan mereka dan selalu menarik perhatian konsumen yaitu dengan mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk KFC tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh variabel internal dan eksternal pada perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk KFC. Dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang merupakan metode analisis powerfull karena dapat diterapkan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel tidak harus besar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada konsumen Restoran KFC Cabang Kawi Malang dengan total sampel sebanyak 99 responden. Variabel yang diamati pada penelitian ini terdiri atas faktor internal, faktor, dan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, faktor internal dan eksternal pengaruh terhadap keputusan pembelian secara signifikan, demikian pula faktor internal memiliki pengaruh terhadap faktor eksternal. Variabel perilaku konsumen (faktor eksternal dan internal) yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah kepercayaan konsumen.