Analisis Keterkaitan Segmenting, Targeting, Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Menggunakan Partial Least Square (Studi Kasus Pada Umkm Roti Fresh Oven Di Kediri
Daftar Isi:
- Jumlah UMKM keseluruhan di Kota Kediri pada tahun 2011 sebanyak 15.837 UMKM. Dari jenis produk roti dan kue jumlah perusahaan atau rumah produksi sebanyak 27 pada tahun 2010, pada tahun 2011 sebanyak 25 dan pada tahun 2012 sebanyak 32. UMKM roti fresh oven merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang makanan roti atau kue. Peran strategi pemasaran sangat penting untuk mencapai arah yang dituju sehingga UMKM roti dituntut untuk mengetahui strategi pemasaran serta cara memandang pasar (segmenting), mengoptimalkan pasar sasaran (targeting), dan menentukan posisi pasar (positioning). Strategi pemasaran dalam UMKM sangat berpengaruh dengan keputusan pembelian dari produk karena kemudahan mendapatkan produk yang diinginkan juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pemenuhan produk dipasaran selain dapat berdampak pada keputusan pembelian juga berdampak pada kepuasan konsumen, sehingga keterkaitan segmenting, targeting, dan positioning sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen dari UMKM roti fresh oven di Kota Kediri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menentukan keterkaitan segmenting, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian pada UMKM roti fresh oven di Kota Kediri dan menentukan keterkaitan antara keputusan pembelian dan kepuasan konsumen di UMKM roti fresh oven pada Kota Kediri. Dalam analisis ini metode yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Partial Least Square (PLS) merupakan metode penelitian yang powerfull karena dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel yang tidak harus besar. Alasan penggunaan metode PLS ini adalah dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel yang tidak harus besar. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y2 = 0,109 X1 + 0,144 X2 + 0,399 X3 + 0,485 Y1. Variabel positioning dan keputusan pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t-hitung > 1,661 (α = 0,05 dan df = 94), sedangkan segmenting dan targeting berpengaruh positif tidak signifikan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terbesar adalah keputusan pembelian. Pengaruh tidak signifikan dalam kepuasan konsumen yaitu segmenting dan targeting perlu dilakukan pembenahan untuk meningkatkan penjualan UMKM.