Daftar Isi:
  • UKM roti fresh from the oven merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak di bidang pengolahan produk roti dan memasarkan produknya dilokasi yang sama. Banyaknya UKM di Kota Kediri pada khususnya, membuat persaingan usaha semakin tajam, sehingga segala strategi untuk mencapai hasil penjualan yang tinggi harus ditempuh para pengolah roti fresh from the oven demi memenangkan daya saing antar UKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman UKM Roti fresh from the oven di Kota Kediri. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran yang digunakan oleh UKM Roti fresh from the oven di Kota Kediri. Penelitian tentang perencanaan strategi pemasaran pada UKM Roti fresh from the oven di Kota Kediri dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki UKM Roti fresh from the oven di Kota Kediri. Penyusunan strategi dilakukan dengan menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki UKM Roti fresh from the oven menggunakan matriks SWOT. Alternatif strategi tersebut dianalisis dengan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil dari penelitian ini diketahui posisi UKM Roti fresh from the oven saat ini terdapat pada kuadran V (posisi rata-rata dan strategi yang diterapkan adalah hold and maintain strategy). Analisis SWOT menghasilkan 11 alternatif strategi pemasaran. Hasil analisis menggunakan QSPM menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk yang dapat di terapkan terlebih dahulu oleh UKM roti fresh from the oven. Urutan strategi selanjutnya adalah mempertahankan kualitas dari produk dan menjaga citra serta reputasi.