Daftar Isi:
  • Minat beli merupakan salah satu perilaku konsumen atau keyakinan yang timbul karena setiap konsep terhadap suatu objek atau produk, ketika keyakinan konsumen terhadap produk tersebut semakin tinggi maka semakin tinggi pula minat belinya. Penilaian minat beli (Y2) dapat dilihat dari variabel store atmosphere (X1), store image (X2), dan emosi (Y1), dimana store atmosphere dan store image juga mempengaruhi emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh membentuk minat beli konsumen di Pia Mangkok Malang dan mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan jumlah responden 90 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dapat ditunjukkan dengan persamaan Y1 = 0.405 X1 + 0.215 X2 dan Y2 = 0.144 X1 + 0.288 X2 + 0.329 Y1. Variabel store atmosphere dan store image mempengaruhi minat beli konsumen secara tidak langsung dan emosi konsumen mempengaruhi minat beli secara langsung. Store atmosphere dan store image mempengaruhi emosi konsumen di Pia Mangkok Malang secara langsung. Variabel store atmosphere memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat beli konsumen dan secara tidak langsung mempengaruhi minat beli konsumen. Untuk itu, manajemen Pia Mangkok diharapkan dapat lebih memperhatikan atmosfir toko dan mempertahankan citra nya.