Pengaruh Kredit Dan Sumber Daya Manusia, Terhadap Pemasaran Dan Kinerja Umkm Agroindustri Pangan (Studi Kasus Di Kabupaten Pasuruan
Main Author: | Agustina, FachlulAyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150099/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/150099/ |
Daftar Isi:
- UMKM di Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian negara. Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu daerah di Jawa Timur dengan jumlah UMKM yang tinggi. Saat ini UMKM Agroindustri di Kabupaten Pasuruan masih mengalami permasalahan permodalan, SDM serta pemasaran. Masalah UMKM tersebut dapat mempengaruhi kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan (pengaruh dan hubungan) kredit, SDM dan pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Pasuruan. Metode pada penelitian ini adalah Generalized Structured Component Analysis (GSCA) dengan jumlah sampel 30 responden dengan kriteria UMKM merupakan penghasil produk agroindustri yang sudah pernah menerima kredit dari pemerintah ataupun lembaga perbankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kredit berpengaruh positif dan signifikan pada pemasaran. Kredit tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. SDM tidak berpengaruh pada pemasaran. SDM tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Pemasaran tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Hasil penelitian ini dapat dimodelkan dengan Y1=0.654X1-0.019X2 dan Y2 =0.409X1+0.339X2+0.199Y1. Nilai FIT dan AFIT, total variasi semua variabel yang dapat dijelaskan oleh model adalah 48.6% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yakni aspek kebijakan pemerintah, aspek sosial budaya, aspek ekonomi, aspek peranan lembaga, dan aspek teknik produksi.