Analisis Hubungan Dimensi Ekuitas Merek dengan Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus Susu Ultra Milk Di Kota Malang)
Main Author: | Adinta, PutiFathima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149997/1/Skripsi_Puti_Fathima_Adinta_PDF.pdf http://repository.ub.ac.id/149997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi ekuitas merek yang terdiri dari brand awareness (X1), brand association (X2), perceived quality (X3), dan brand loyalty (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) susu Ultra Milk di Kota Malang. Ekuitas merek adalah seperangkat aset intangible yang menambah atau mengurangi nilai barang atau jasa pada suatu perusahaan. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Responden penelitian ini 100 orang, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan software SPSS 17.0 dan SmartPLS. Hasil riset menunjukkan keputusan pembelian konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y= 0,026X1 – 0,024X2 + 0,259X3 + 0,528X4 + ξ. Brand loyalty bertindak sebagai variabel mediasi dan terbukti memediasi secara penuh hubungan antara brand association dengan keputusan pembelian konsumen. Brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan brand association berpengaruh negatif. Faktor penentu keputusan pembelian konsumen terbesar ialah brand loyalty. Pengaruh negatif pada brand association dapat menjadi saran bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan promosi potongan harga khususnya bagi konsumen remaja.