Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus di Rumah Makan Ayam Bakar Lintang, Sawojajar, Malang)

Main Author: Widyanti, AsaBenita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149909/1/Skripsi_Asa_Benita_Widyanti-0611030016.pdf
http://repository.ub.ac.id/149909/
Daftar Isi:
  • Semakin lama jumlah pesaing Rumah Makan Ayam Bakar Lintang terus bertambah. Salah satu usaha untuk mempertahankan konsumen yaitu perlu dilakukan peningkatan dari waktu ke waktu, salah satunya dalam hal kualitas pelayanan. Pelayanan yang baik tentu akan memberikan kepuasan bagi konsumen. Kepuasan dan kepercayaan konsumen akan menyebabkan keloyalan akan pembelian produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dengan 2 variabel bebas yaitu Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan serta 1 variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan data dari kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, Kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai 0,026 dan Kepuasan pelanggan berpengaruh positif serta signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai 0,499. Secara bersama-sama kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persentase 14%.