Perencanaan Strategi Pemasaran Resto Quick Chicken Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Di Quick Chicken Batu, Jawa Timur
Main Author: | Suartika, MohBagusAji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149900/1/1._LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf http://repository.ub.ac.id/149900/2/2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf http://repository.ub.ac.id/149900/3/SKRIPSI_A5.pdf http://repository.ub.ac.id/149900/4/Introduction.pdf http://repository.ub.ac.id/149900/ |
Daftar Isi:
- Kondisi persaingan yang ketat juga terjadi pada resto Quick Chicken, terdapat bermacam-macam resto yang telah hadir di kota batu ini seperti, Miami fried chicken, rocket fried chicken, dan resto CFC sebagai pesaing utama dari resto Quick Chicken. Dalam bidang pemasaran, kondisi paling sulit adalah mempertahankan konsumen untuk selalu menggunakan produk dari penjual, atau sering disebut dengan loyalitas pelanggan, maka dari itu penggunaan strategi pemasaran sangat penting bagi usaha berjenis resto ini. Dimana dapat ditentukan dengan faktor internal yang mengacu kepada 4P yaitu product, price, place, promotion. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa nilai TAS tertinggi adalah strategi penetrasi pasar. Responden ahli memilih alternatif strategi penetrasi pasar tersebut menganggap bahwa perusahaan harus meningkatkan market share dari produk yang ada, seperti melakukan menambah tenaga penjualan, biaya iklan, survei konsumen, serta peningkatan promosi yang lainnya yang dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan perusahaan dengan nilai total TAS sebesar 6,78. Pada peringkat yang kedua tentang peninjauan kembali terhadap sistem manajemen didapat nilai total TAS 6,76 dan peringkat ke tiga dengan melaksanakan pelatihan karyawan secara rutin didapat nilai total TAS sebesar 6,72. Strategi pengembangan Quick Chicken Batu dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal Quick Chicken Batu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Quick Chicken Batu. Hasil analisis diketahui posisi Quick Chicken Batu saat ini yaitu dalam posisi yang baik dan strategi yang dapat diterapkan adalah grow and build strategy. Strategi yang disusun menggunakan matriks SWOT kemudian dilakukan penentuan prioritas strategi yang akan diterapkan terlebih dahulu menggunakan QSPM (Quantitave Strategic Planning Matrix).