Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) (Studi kasus Pada Rumah Makan “Mie Jogja Pak Karso” Malang
Main Author: | Vaulla, TitoSiendy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149793/1/SKRIPSI_TITO_SIENDY_VAULLA_%28105100301111017%29.pdf http://repository.ub.ac.id/149793/ |
Daftar Isi:
- Mie Jogja Pak Karso Cabang Malang merupakan salah satu dari beberapa tempat makan di Kota Malang yang menghadirkan aneka sajian dari bahan Mie. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisa hubungan dan pengaruh persepsi konsumen terhadap ekuitas merek “Mie Jogja Pak Karso” serta menentukan variabel yang harus diperbaiki demi perbaikan dibidang pemasaran. Pada penelitian ini yang digunakan dalam analisis adalah Structural Equation Model (SEM). Responden penelitian adalah konsumen yang pernah atau sedang mengkonsumsi makanan dan minuman di restoran minimal satu kali, baik laki-laki maupun perempuan, yang dinilai mampu memberikan penilaian terhadap variabel-variabel ekuitas merek. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan non probabilistik sampling dengan metode acidental sampling. Dimensi yang digunakan adalah harga, produk, distribusi, kesadaran dan asosiasi merek, kesan kualitas, loyalitas merek, ekuitas merek dan serta atribut yang digunakan sebanyak 25 atribut. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh 150 responden. Hasil pengolahan data dengan menggunakanStructural Equation Model (SEM) dapat menganalisa persepsi konsumen terhadap variabel yang bersifat multi relationship. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa variable produk memiliki pengaruh terbesar terhadap ekuitas merek namun signifikan atau tidaknya hubungan tersebut masih belum bisa dipastikan karena hal tersebut didasarkan pada perhitungan indirect total effect. Seluruh variable persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap kesadaran dan asosiasi merek serta loyalitas merek. Variabel harga dan produk berpengaruh signifikan terhadap kesan kualitas sedangkan variable distribusi berpengaruh tidak signifikan terhadap kesan kualitas. Variabel kesadaran dan asosiasi merek serta kesan kualitas berpengaruh tidak signifikan terhadap ekuitas merek secara keseluruhan. Variabel loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek secara keseluruhan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi ekuitas merek secara keseluruhan adalah loyalitas merek. Hasil pengaruh tertinggi yang ditunjukkan oleh variable produk harus dipertahankan dan dilakukan peningkatan kualitas karena variable ini lah yang akan membentuk dan meningkatkan ekuitas merek dari Rumah Makan “Mie Jogja Pak Karso” Malang.