Daftar Isi:
  • Keripik kentang adalah hasil olahan kentang yang telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis makanan ringan. Banyaknya produsen keripik kentang, menimbulkan persaingan yang ketat. Perusahaan Agronas Gizi Food, sebagai salah satu produsen keripik kentang yang berada di Kota Batu, perlu melakukan perancangan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran 7P yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat/distribusi (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process) terhadap keputusan pembelian konsumen sebagai pertimbangan perusahaan dalam menetapkan strategi pemasaran. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). SEM adalah teknik statistik yang merupakan gabungan dari analisis faktor dan analisis regresi untuk menguji sebuah model dan mengetahui hubungan antar variabel yang diobservasi serta antara indikator dan variabel tersebut. Responden yang terlibat dalam penelitian adalah sebanyak 200 responden, yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Teknik ini merupakan teknik penetapan sampel dari suatu populasi sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga sampel dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, tempat/distribusi, dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian keripik kentang Agronas Gizi Food sedangkan variabel orang dan proses berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian keripik kentang Agronas Gizi Food. Variabel produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik kentang Agronas Gizi Food dengan rasa sebagai indikator yang paling diperhatikan oleh konsumen.