Analisis Strategi Promosi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Waru, Sidoarjo - Jawa Timur)

Main Author: Fatma, AuliaFitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149754/1/LAPORAN_SKRIPSI_AULIA_FITRIA_FATMA_%28105100701111016%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/149754/
Daftar Isi:
  • Teh merupakan minuman yang sudah dikenal sangat luas di Indonesia dan di dunia. Seiring dengan perkembangan perekonomian, peningkatan aktivitas dan perubahan gaya hidup masyarakat telah mempengaruhi perubahan pola konsumsi masyarakat dalam mengkonsumsi teh. Tuntutan konsumen akan kepraktisan membuat industri teh siap minum semakin berkembang dan melakukan berbagai inovasi. PT Sinar Sosro merupakan pelopor industri minuman teh terbesar di Indonesia yang menciptakan produk minuman teh dalam kemasan dengan merek “Teh Botol Sosro” (TBS). Keputusan membeli ada pada diri konsumen dan konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli barang dan merek yang sesuai dengan kebutuhannya serta selera dan daya belinya. Keberhasilan suatu produk untuk dapat terus dikonsumsi oleh konsumennya ditunjang oleh kegiatan-kegiatan promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pembobotan strategi promosi Teh Botol Sosro dan mendapatkan alternatif strategi promosi yang paling sesuai untuk mengevaluasi penjualan produk TBS di PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jawa Timur dengan membandingkan beberapa faktor, kriteria, dan sub kriteria kendala serta pendukung yang terdapat pada perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode ini merupakan pendekatan yang memberikan kesempatan bagi para pengelola program untuk dapat membangun gagasan atau ide dan mendefinisikan persoalan-persoalan yang ada dengan cara membuat asumsi dalam suatu hirarki dan selanjutnya mendapatkan pemecahan yang diinginkan. Penggunaan AHP menerapkan dengan cerdas pendekatan matematis yang kompleks namun berdasarkan pendekatan kualitatif yang dapat diterima oleh semua stakeholder dan pengelola program. Pengambilan data yang dilakukan hanya berfokus pada departemen Marketing Support (MS) dengan responden ahli (expert) adalah 15 karyawan di departemen menggunakan program expert choice 2000. Berdasarkan rumusan dan analisis, pemilihan alternatif strategi promosi Teh Botol Sosro di KPW Jawa Timur yang sesuai dalam upaya peningkatan penjualan Teh Botol Sosro adalah alternatif 1 yakni tetap mempertahankan dan meningkatkan promosi yang telah dijalankan selama ini meng-hasilkan bobot tertinggi sebesar 0,419 (prioritas 1). Alternatif ini merupakan alternatif yang paling efektif dalam peningkatan penjualan dan dapat menjadi kekuatan perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.