Perencanaan Strategis Pengembangan Industri Keripik Buah di UKM Vanesha Fruit Chips Malang Jawa Timur
Main Author: | Anggraini, VoniaDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149753/1/2_A5_halaman_judul-dftar_isi.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/2/4_A5_Daftar_pustaka.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/3/3_A5_bab_1-5.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/4/1_A5_cover.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/5/5_A5_Lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/6/pengesahan.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/7/persetujuan.pdf http://repository.ub.ac.id/149753/ |
Daftar Isi:
- Keripik buah merupakan salah satu inovasi pengolahan buah. Persaingan keripik buah di Malang sangat ketat. Suatu rencana strategi dibutuhkan agar tiap produsen keripik buah tersebut dapat terus bertahan dalam persaingan pasar keripik buah yang ketat. Vanesha Fruit Chips merupakan salah satu produsen keripik buah berbasis UKM (usaha kecil dan menengah) yang ada di Malang. UKM Vanesha Fruit Chips membutuhkan strategi-strategi untuk pengembangan usahanya. Strategi pengembangan ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat di lingkungan industri keripik buah di Malang agar kelangsungan dan konsistensi industri keripik buah yg diproduksi Vanesha Fruit Chips dapat tetap terjaga bahkan dapat lebih baik dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh perumusan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan industri keripik buah di UKM Vanesha Fruit Chips. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis dan merumuskan strategi pengembangan yaitu Matrik SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Analisis SWOT mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang dimiliki perusahaan. Pemilihan strategi dari analisis SWOT tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Metode ANP ini dapat menentukan alternatif strategi terbaik yang dapat dipilih untuk pengembangan industri keripik buah di UKM Vanesha Fruit Chips. Dari hasil analisis SWOT diperoleh 8 alternatif strategi pengembangan, yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) yang terdiri dari pengembangan produk baru maupun produk substitusi serta penambahan kapasitas dan mesin produksi, strategi WO (Weakness-Opportunity) yang terdiri dari pemanfaatan limbah produksi menjadi produk komersial, bekerja sama dengan jasa penyedia modal, dan pemberian modal untuk fasilitas pengembangan, strategi ST (Strength-Threat) yang terdiri dari strategi promosi yang tepat baik wilayah setempat maupun luar daerah dan standarisasi produk, serta strategi WT (Weakness-Threat) yaitu pemasaran dengan sistem online. Dari hasil analisis ANP diperoleh hasil bahwa melakukan pengembangan produk baru maupun produk substitusi merupakan strategi pengembangan terbaik yang dapat diterapkan UKM Vanesha Fruit Chips.