Analisis Positioning Produk Roti Dan Implikasinya Terhadap Strategi Bauran Pemasaran (Studi Kasus Di Citra Kendedes Cake & Bakery Malang)

Main Author: Sari, LulukNurIndah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149730/1/Skripsi_Luluk_Nur_Indah_Sari_PDF.pdf
http://repository.ub.ac.id/149730/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan ekonomi, kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi telah menyebabkan perubahan dalam pola hidup masyarakat yang serba sibuk. Masyarakat lebih suka memilih makanan yang praktis dan cepat saji seperti roti. Meningkatnya konsumsi roti yang terus-menerus menyebabkan perkembangan industri roti di indonesia yang terus meningkat, dan permintaan akan produk roti yang semakin pesat. Citra Kendedes Cake & Bakery merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis roti mulai dari roti tawar sampai roti manis. Munculnya merek-merek roti lain yang cukup terkenal seperti Madinah, Ilo dan Dea membuat persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar menjadi cukup ketat. Hal ini menuntut perusahaan Citra Kendedes untuk mengetahui bagaimana posisi produk mereka. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Citra dan analisis Biplot. Responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, dengan jumlah sampel 100 sampel. Atribut yang digunakan tekstur, rasa, kemasan, isi, variasi rasa, merek dikenal, harga dan ketersediaan produk. Berdasarkan analisis Citra dan analisis Biplot, posisi produk roti yaitu merek Citra Kendedes Cake & Bakery di posisi pertama, selanjutnya ILO, Dea dan di posisi terakhir Madinah. Citra Kendedes Cake & Bakery memiliki keunggulan dalam atribut ketersediaan produk, keterkenalan merek, kemasan dan lokasi penjualan sehingga perusahaan diharapkan tetap mempertahankan atribut yang menjadi keunggulannya. Citra Kendedes Cake & Bakery juga memiliki kelemahan pada ukuran produk, tekstur, harga jual dan harga terjangkau. Sehingga untuk perusahaan Citra Kendedes agar lebih menigkatkan ukuran roti dan tekstur roti serta mempertimbangan harga jual.