Daftar Isi:
  • Makanan ringan merupakan sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Salah satu makanan ringan yang banyak diproduksi di daerah Malang adalah keripik buah. CV Kajeye Food merupakan salah satu perusahaan makanan yang bergerak dalam bidang pengolahan keripik buah yang ada di Malang dengan merek dagang So Kressh. Permasalahan yang di hadapi oleh CV. Kajeye Food adalah penurunan penjualan yang diakibatkan adanya perubahan selera konsumen terhadap keripik buah dan banyaknya pesaing yang muncul membuat persaingan antar produsen keripik buah meningkat pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan sikap konsumen terhadap keripik buah So Kressh, menentukan positioning keripik buah So Kressh dan menentukan implikasi positioning terhadap strategi bauran pemasaran. Penelitian dilakukan di kota Malang dengan objek penelitian yaitu masyarakat kota Malang sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling yaitu secara accidental sampling. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan dua alat analisis yaitu model Fishbein untuk menentukan sikap konsumen dan analisis Biplot untuk memetakan persepsi konsumen dalam positioning. Atribut keripik buah yang digunakan adalah rasa, aroma, isi, kerenyahan, harga, kemudahan memperoleh produk, kandungan gizi, dan keterkenalan merek. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows dan Microsoft Excel. Hasil analisis sikap konsumen terhadap keripik buah, dapat diketahui atribut yang sangat penting adalah rasa, aroma buah, isi, kerenyahan, harga, dan kemudahan memperoleh vii produk. Atribut berikutnya yang penting adalah kandungan gizi dan keterkenalan merek. Nilai sikap (Ao) yang diperoleh keripik buah So Kreshh yaitu 141,57. Hal ini berarti keripik buah So Kressh disukai oleh konsumen dengan sangat positif. Hasil positioning menunjukkan bahwa keripik buah So Kressh memiliki kemiripan sifat dan bersaing dengan keripik buah Lancar Jaya memiliki keungulan yaitu kemudahan memperoleh produk dan keterkenalan merek. Implikasi bauran pemasaran yang diterapkan dari strategi produk adalah mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap atribut yang sudah ada dan meningkatkan aroma buah yang ada pada keripik buah serta mempertimbangkan untuk membuat desain baru produk. CV. Kajeye food telah banyak mempunyai gerai yang menjual keripik buah So Kressh dalam strategi tempatnya, namun harus diperbaiki dan dikontrol ketersediaan produknya. Strategi promosi yang hendaknya dilakukan yaitu melaui promosi melalui media internet dan iklan sedangkan strategi harga tetap dipertahankan.