Daftar Isi:
  • Agroindustri kini makin banyak yang tumbuh di dunia bisnis. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan UKM yang makin meningkat salah satunya UKM yang bergerak pada olahan buah. Setiap perusahaan maupun UKM tentunya memiliki tujuan untuk dapat tetap berkembang pada persaingan bisnis ini. Maka diperlukan strategi agar dapat menggunakan peluang pasar yang sesuai. Untuk merebut pasar industri perlu dilakukan strategi pemasaran yang lebih optimal, maka perencanaan strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan matriks QSPM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh CV. Kajeye Food dan mendapatkan urutan prioritas strategi pemasaran yang tepat dengan metode QSPM. Diketahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dari perusahaan kemudian ditentukan bobot serta ratingnya. Sehingga diketahui rata-rata tertimbang pada matriks IFE dan EFE. Pentuan bobot dan rating dilakukan oleh responden perusahaan. Pada bobot skor matriks IFE dan EFE dapat ditentukan matriks IE. Matriks IE sebagai penentu perusahaan berada di posisi sel 1-9. Selanjutnya, analisis SWOT dapat dilakukan sebagai alternatif strategi. Sehingga akan didapatkan prioritas strategi dengan menggunakan matriks QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bobot skor pada rata-rata tertimbang matriks IFE 2,82 sedangkan pada matriks EFE 2,14. Berdasarkan bobot skor tersebut didapatkan matriks IE terletak pada sel V hold and maintain yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi pengembangan didapatkan melalui matriks SWOT dengan menformulasikan strategi berdasarkan penggabungan antara faktor internal dan eksternal. Dari alternatif tersebut perhitungan dengan matriks QSPM didapatkan nilai terbesar 6,33 dengan strategi melakukan inovasi varian produk yang diolah. Alternatif strategi yang didapatkan memiliki sepuluh alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Dari alternatif tersebut didapatkan tiga urutan prioritas strategi. Urutan tiga prioritas perencanan strategi yang bisa diterapkan oleh CV Kajeye Food ini ialah melakukan inovasi pada varian produk yang diolah, menjaga dan mempertahankan kualitas produk, dan melakukan kerjasama dengan produsen/pemasok penghasil buah.