Analisis Pengaruh Strategi Branding Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo dengan Pendekan Partial Least Square
Main Author: | Oktavianita, Bety |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149658/1/Skripsi_Bety.pdf http://repository.ub.ac.id/149658/ |
Daftar Isi:
- Membangun dan mengelola merek yang baik penting untuk dilakukan agar menarik minat konsumen dan meningkatkan keuntungan pada perusahaan. Merek membedakan produsen atau produk dari penjual, sehingga merek dapat memudahkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Dengan adanya merek, konsumen dapat dengan mudah membedakan produk yang akan dibelinya dengan produk lain terkait kualitas, kepuasan, kebanggaan ataupun atribut lain yang melekat pada merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Sekaligus menentukan strategi pengembangan merek yang dapat dilakukan pada rumah makan Ayam BakarWong Solo. Metode yang digunakan adalah metode Partial Least Square (PLS) yang merupakan metode analisis powerfull karena dapat diterapkan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel tidak harus besar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo dengan total sampel sebanyak 84 responden. Variabel yang diamati pada penelitian ini terdiri atas strategi merek (X1), citra merek (X2) dan keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian, strategi merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung (1,9435) lebih besar dari t-tabel (1,66) dan outer loading bernilai positif (0,1867). Strategi merek juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dengan hasil t-hitung (6,7059) lebih besar dari t-tabel (1,66) dan outer loading bernilai positif (0,5164). Demikian pula dengan citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo, dengan hasil t-hitung