Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Susu Instan Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) Di Kota Malang
Main Author: | Fedira, AlivindaDifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149615/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/149615/ |
Daftar Isi:
- Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang digemari banyak orang. Bisnis kopi hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas kopi yakni dengan membuat kopi instan. Kopi instan dikenal karena kepraktisannya selama beberapa dekade yang lalu. Kopi instan yang ada saat ini tidak hanya kopi hitam saja, tetapi sudah menghadirkan berbagai macam varian kopi instan. Preferensi konsumen didefinisikan sebagai selera subjektif (individu), yang diukur dengan utilitas, dari berbagai barang. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang bersifat predivtive model. Penggunaan metode ini akan memperlihatkan informasi faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan di Kota Malang. Salah satu langkahnya yaitu dilakukan konversi diagram jalur ke persamaan dengan mengkonversikan diagram jalur kedalam persamaan struktural (inner model) yang menjelaskan hubungan antar variabel dan persamaan pengukuran (outer model) yang menjelaskan hubungan variabel laten dengan indikatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan adalah kualitas produk dengan nilai koefisien jalur 0,373, harga dengan nilai koefisien jalur 0,395, promosi dengan nilai koefisien jalur 0,089, dan kemasan dengan nilai koefisien jalur 0,207. Masing-masing variabel bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen beranggapan jika variabel-variabel tersebut mampu mempengaruhi preferensi mereka terhadap kopi susu instan. Hasil dari evaluasi Goodness of Fit Inner Model nilai R-Square yang didapat diatas 0,5 yaitu 0,861 yang berarti bahwa preferensi konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, promosi dan kemasan sebesar 0,861 atau 86,1%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,660 hal ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel m emiliki pengaruh terhapad preferensi konsumen.