Perencanaan Strategi Pengembangan Perusahaan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus KUD DAU Malang, Jawa Timur)

Main Author: Ningrum, LufiTriWahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149610/1/SKRIPSI_%28full%29_-_LUFI_TRI_WAHYU_N..pdf
http://repository.ub.ac.id/149610/
Daftar Isi:
  • KUD DAU merupakan salah satu bentuk koperasi yang bergerak dalam bidang industri pangan (susu) yang memproduksi, mengemas, dan memasarkan produknya sendiri. Saat ini, KUD DAU sedang menghadapi beberapa permasalahan diantaranya tentang belum sesuainya perencanaan yang dilaksanakan dengan kegiatan yang berjalan, permasalahan pemasaran seperti kurangnya promosi produk serta tentang motivasi sumber daya manusia yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perencanaan strategis pengembangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi pengembangan yang tepat untuk KUD DAU serta menentukan prioritas perencanaan strategi pengembangan perusahaan yang dapat digunakan oleh KUD DAU dengan menggunakan metode QSPM. Penelitian tentang perencanaan strategi pengembangan pada KUD DAU dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh KUD DAU. Analisis juga digunakan untuk mengetahui posisi KUD saat ini yaitu pada kuadran IV (posisi kuat dan strategi yang dapat diterapkan adalah grow and build strategy). Penyusunan strategi dilakukan dengan menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh KUD DAU menggunakan matriks SWOT. Analisis SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi pengembangan. Alternatif strategi tersebut dianalisis dengan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi tentang peninjauan kembali sistem manajemen KUD DAU merupakan alternatif strategi yang mendapatkan skor ketertarikan tertinggi. Strategi kedua yang dapat diterapkan selanjutnya adalah diversifikasi produk