Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro

Main Author: Nuriyana, Fatati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149594/1/cover.pdf
http://repository.ub.ac.id/149594/2/pembahasan.pdf
http://repository.ub.ac.id/149594/
Daftar Isi:
  • Teh merupakan salah satu minuman yang populer di dunia dan di Indonesia. Sejalan perkembangan dunia industri, penyajian teh semakin beraneka ragam. Saat ini bermunculan berbagai perusahaan yang memproduksi minuman teh dalam kemasan, salah satunya adalah PT Sinar Sosro. Banyaknya merek-merek minuman teh yang beredar di masyarakat mengindikasikan bahwa persaingannya semakin ketat. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan setiap perusahaan adalah mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan loyalitas. Loyalitas konsumen dapat terbentuk dari beberapa faktor, seperti kualitas produk dan brand images karena kualitas produk dan Brand images merupakan faktor yang potensial untuk mengalahkan pesaing. Penelitian tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Teh Botol Sosro, mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand images terhadap kepuasan konsumen Teh Botol Sosro serta mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi uji residual. Metode ini dipilih karena ada variabel moderating yaitu brand images. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kualitas produk (X1) dan kepuasan konsumen Teh Botol Sosro (Y1) sebesar 42,8%. Terdapat pengaruh antara variabel kualitas produk (X1) dan brand images (X2) sebesar 53,7%. Terdapat antara kepuasan konsumen (Y1) terhadap loyalitas konsumen Teh Botol Sosro (Y2) sebesar 55,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna kemasan secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen Teh Botol Sosro.