Analisis Faktor Psikografi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Cepat Saji Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. X
Main Author: | Ariyanta, IGedeEdy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149491/1/Skripsi_%28I_Gede_Edy_Ariyanta%29.pdf http://repository.ub.ac.id/149491/ |
Daftar Isi:
- Perubahan pola konsumsi dan cara makan masyarakat semakin membaik seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Dilihat dari fenomena masyarakat yang menginginkan makanan cepat saji, karena aktivitas masyarakat yang sangat sibuk atau padat dan kecenderungan dari masyarakat Kota Malang, bahwa makan di restoran cepat saji masih dinilai memiliki nilai sosial atau gengsi tersendiri, yang mampu mengangkat kesan akan status dirinya.Tujuan penelitian ini adalah Mendapatkan faktor psikografi yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji di kota Malang dan variabel-variabel penyusun faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji. Metode analisis yang digunakan dalam analisis faktor psikografi adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang yang meliputi tiga lokasi yang terletak di kawasan Malang Town Square, kawasan Mall Olympick Garden, Kawasan Alun-alun Kota Malang. Pada analisis faktor didapatkan hasil yaitu dari 19 variabel yang diteliti, tersisa 14 variabel yang dapat direduksi menjadi faktor. Jumlah faktor yang terbentuk yaitu empat faktor yang terdiri dari faktor motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, dan faktor sikap. Variabel-variabel penyusun faktor psikografi yaitu faktor motivasi adalah X4 dan X5. Pada faktor persepsi, variabelnya adalah X7, X8, X9, X10, X11, dan X12. Pada faktor pembelajaran, variabelnya yaitu X13, X14, dan X15. Pada faktor sikap variabel penyusunnya adalah X16, X17, dan X18.