Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Keripik Mang Ampung Dengan Metode Importance Performance Analysisdan Customer Satisfaction Index

Main Author: Resma, PrimaSukmana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149392/1/Skripsi_11510030911101.pdf
http://repository.ub.ac.id/149392/
Daftar Isi:
  • Meningkatnya Permintaan Produk Pangan Akan Mendorong Para Pengelola Bisnis Saling Bersaing Dalam Dalam Memenuhi Kebutuhan Konsumen. Kebutuhan Konsumen Yang Dapat Berubah-Ubah Setiap Waktu, Menuntut Pelaku Bisnis Untuk Terus Meningkatkan Kualitas Produk Dalam Memenuhi Apa Yang Menjadi Keinginan Konsumen. Hal Ini Juga Dilakukan Oleh Produsen Keripik Mang Ampung. Sebagai Produk Baru, Dalam Mempertahankan Dan Memenangi Persaingan Dengan Bisnis Serupa, Harus Selalu Dilakukan Pengembangan Terhadap Produk Keripik Mang Ampung Melalui Dimensi Kualitas Produk. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Atribut-Atribut Produk , Mengetahui Prioritas Perbaikan Atribut Produk, Serta Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Keripik Mang Ampung . Responden Dalam Penelitian Ini Adalah Konsumen Yang Sedang Membeli Atau Mengkonsumsi Keripik Mang Ampung. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Accidental Sampling , Sedangkan Jumlah Sampel Adalah 125 Responden Berdasarkan Perhitungan Linear Time Function. Analisis Data Dilakukan Dengan Metode Importance-Performance Analysis (Ipa) , Sehingga Diketahui Atribut Kualitas Apa Saja Yang Sebaiknya Diperbaiki Dan Dipertahankan Dari Kualitas Keripik Mang Ampung Saat Ini. Variabel Yang Digunakan Adalah Performance, Features, Reliability, Servicebility, Aesthetic, Dan Perceived Quality. Masing – Masing Variabel Memiliki Beberapa Atribut Yang Kemudian Dinilai Oleh Responden Mengenai Tingkat Kepentingan Dan Kinerja Yang Dirasakan Pada Tiap Atribut Produk Tersebut. Pengukuran Dilanjutkan Terhadap Tingkat Kepuasan Responden Secara Keseluruhan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Hasil Dari Perhitungan Ipa Menunjukkan Atribut Yang Menjadi Prioritas Untuk Diperbaiki Adalah Atribut – Atribut Yang Berada Dikuadran I, Yaitu Kondisi Kemasan, Informasi Produk, Dan Keamanan Bahan Kemasan. Atribut-Atribut Yang Menjadi Prioritas Kedua Untuk Diperbaiki Adalah Atribut Yang Berada Dikuadran Iii, Yaitu Kemudahan Dalam Memperoleh Produk, Kepopuleran Merek, Bentuk Kemasan, Dan Keseragaman Ukuran. Atribut Yang Dianggap Penting Dan Sudah Sesuai Dengan Yang Diharapkan Sehingga Bisa Menjadi Asat Yang Bisa Di Unggulkan Adalah Atribut Yang Berada Pada Kuadran Ii, Yaitu Harga Produk, Manfaat Singkong Sebagai Bahan Baku, Rasa, Serta Kerenyahan Keripik . Melalui Perhitungan Csi, Didapatkan Nilai Csi Sebesar 70,39%. Nilai Ini Menunjukkan Bahwa Indeks Kepuasan Responden Pada Kriteria Puas