Daftar Isi:
  • Ud Barokah Apel Merupakan Usaha Yang Memproduksi Sari Apel Merek “Mia”. Saat Ini Ud Barokah Apel Volume Penjualannya Terus Mengalami Penurunan Yaitu Pada Tahun 2010 Penjualan Sebanyak 36.400, Tahun 2011 33.670, Dan Tahun 2012 Sebanyak 27.950. Dari Penurunan Penjualan Tersebut Maka Diperlukan Strategi Yang Tepat Agar Dapat Meningkatkan Dan Mengembangkan Usahanya, Salah Satu Metode Yang Digunakan Yaitu Metode Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard Adalah Suatu Metode Untuk Menerjemahkan Strategi Kedalam Empat Perspektif, Yaitu: Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Serta Proses Pembelajaran Dan Pertumbuhan. Tujuan Penelitian Ini Untuk Mendapatkan Rencana Strategis Yang Tepat Untuk Pengembangan Usaha Sari Apel. Penelitian Dilakukan Di Ud Barokah Apel Nongkojajar Dengan Menyebarkan Kuesioner Pada Pihak Pelanggan Sebanyak 64 Responden Dan Pihak Perusahaan Sebanyak 3 Responden. Dari Hasil Penelitian Ud Barokah Apel Terdapat Pada Sel Iv Pada Matrik Ie Yang Berarti Ud Barokah Apel Diharapkan Melakukan Penetrasi Pasar Yaitu Mencari Pangsa Pasar Yang Lebih Luas Melalui Promosi Yang Lebih Gencar, Melakukan Pengembangan Pasar Yaitu Dengan Memperkenalkan Produk Yang Sudah Ada Ke Wilayah Yang Baru. Strategi-Strategi Yang Terdapat Pada Sel Iv Bertujuan Untuk Mencapai Peningkatan Penjualan Dan Keuntungan (Profit). Strategi Yang Telah Dihasilkan Dari Matrik Ie Dijelaskan Kedalam Pendekatan Balanced Scorecard Yang Terdapat Pada Empat Perspektif. Perspektif Keuangan Bertujuan Untuk Meningkatkan Kenaikan Laba, Perspektif Pelanggan Bertujuan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dan Pengecer, Perspektif Proses Bisnis Internal Bertujuan Untuk Meningkatkan Kualitas Produk, Sedangkan Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan Bertujuan Untuk Menyediakan Infrastruktur Untuk Mencapai Tujuan Pada Tiga Perspektif Balanced Scorecard