Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Wingko (Studi Kasus UKM Wingko di Kec. Babat, Lamongan)

Main Author: Sari, LiaPuspita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/149221/1/7._SUMMARY.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/1/6._RINGKASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/2/8._KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/3/9._RIWAYAT_HIDUP.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/4/11._DAFTAR_TABEL.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/5/10._DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/6/12._DAFTAR_GAMBAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/6/13._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/7/14._BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/8/16._BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/8/15._BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/9/17._BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/10/20._Lampiran_1_data_penjualan.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/10/18._BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/11/19._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/12/21._Lampiran_2_kuesioner_penelitian.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/13/23._Lampiran_4_hasil_uji_validitas.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/13/22._Lampiran_3_rekapitulasi_hasil_jawaban_responden_kuesioner.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/14/1a._COVER_dalam.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/15/1a.Cover_luar.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/16/2._LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/16/3._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/17/4._PERNYATAAN_KEASLIAN_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/18/5._HALAMAN_PERSEMBAHAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/149221/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini konsumen semakin membutuhkan produk-produk yang berkualitas dengan mutu yang lebih baik dan juga bernilai bagi konsumen itu sendiri.Preferensilah yang akan membentuk suatu pola pikir konsumen akan kepuasan terhadap suatu produk. Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting, karena puas atau tidaknya konsumen sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu usaha yang berorientasi pelanggan. Oleh karena itu, baik konsumen maupun produsen akan sama-sama diuntungkan apabila kepuasan terjadi. Menurut Mandasari (2011), terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi kepuasan konsumen, yakni kualitas produk, pelayanan, dan harga. Wingko merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Lamongan. Wingko ini sejenis kue yang berbentuk bulat pipih dan sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga dan menjadikan kue ini terkenal sehingga usaha wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Terdapat 3 UKM yang tingkat penjualannya paling besar, yakni UKM Abang, UKM Kelapa Muda Asli, dan UKM Diva. Tingkat penjualan UKM tersebut terlihat adanya fluktuasi, sehingga ada kala terjadi penjualan yang rendah dan penjualan yang tinggi. Hal tersebut yang melatar belakangi penelitian mengenai kepuasan konsumen pada UKM sehingga UKM tersebut mampu bersaing dan sama-sama tetap bertahan di pasar. Partial Least Squares merupakan metodeyang powerfull karena dapat diterapkan pada semua skala data dan ukuran sampel tidak harus besar. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kualitas produk yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen wingko di Kecamatan Babat, Lamongan dengan nilai thitung sebesar 3,453 dan merupakan variabel yang berpengaruh dominan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,464 sedangkanpelayanan dan harga nilai thitung yang diperoleh sebesar 1,632 dan 0,255 dimana nilai tersebut lebih kecil dari ttabel sehingga kedua variabel tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.