Perumusan Strategi Kemitraan Dalam Rantai Pasok Keripik Kentang dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di Agronas Gizifood, CV. Cita Mandiri dan UD. Rimbaku)
Main Author: | Pradhani, MartinaDitya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/149074/1/Martina_Ditya_Pradhani_-_0611030049.pdf http://repository.ub.ac.id/149074/ |
Daftar Isi:
- Dalam rangka menjaga stabilitas rantai pasok dan pemenuhan kebutuhan akan produk maka diperlukan suatu strategi terbaik dalam rantai pasok kentang, yaitu pengembangan kerja sama antar pelaku usaha dari hulu hingga hilir. Bentuk kerja samanya adalah kemitraan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat kepentingan pelaku kemitraan serta merumuskan strategi kemitraan yang dapat digunakan oleh pelaku kemitraan dalam rantai pasok keripik kentang. Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan salah satu teori pengambilan keputusan dengan peralatan utamanya sebuah hierarki dan input utamanya adalah persepsi manusia. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2011 sampai Agustus 2011 di Mitra Mandiri, Agronas Gizi Food, CV. Cita Mandiri, UD. Rimbaku, Vigour, Pusat Oleh-oleh Selecta. Tingkat kepentingan pelaku kemitraan diukur dari komoditi, distribusi dan pasar. Pada faktor komoditi, variabel kualitas dinilai “sangat penting”. Pada faktor distribusi, variabel saluran distribusi dinilai “penting”. Pada faktor pasar, variabel orientasi pemasaran dinilai “sangat penting”. Hierarki perumusan strategi kemitraan dalam rantai pasok keripik kentang adalah faktor “kemampuan untuk sharing resiko dan keuntungan” sebesar 45%. Prioritas tujuan adalah “meningkatkan keunggulan kompetitif dan market share” sebesar 41%. Prioritas strategi adalah “pengembangan dukungan pembiayaan dan penelitian dalam mendukung pengelolaan rantai pasokan” sebesar 38%.