Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling Studi Kasus Pelanggan KTAR Bu. Noer – Malang

Main Author: Wicaksono, CahyoYulistiyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148570/1/051102974.pdf
http://repository.ub.ac.id/148570/
Daftar Isi:
  • Perkembangan produk keripik tempe yang semakin variatif membuat banyak bermunculan Usaha Kecil Menengah (UKM) sehingga menjadikan persaingan usaha yang semakin ketat. Hal ini membuat produsen berlomba-lomba memperbaiki strategi pemasaran dengan cara memperbaiki kualitas produk, memperbanyak promosi, menentukan harga yang sesuai dan mengubah kemasan agar lebih menarik. Strategi ini dilakukan hanya untuk mempertahankan kesetiaan konsumen dan mengantisipasi persaingan usaha. Berkaitan dengan mempertahankan kesetiaan konsumen, fenomena yang menarik untuk diteliti adalah sejauh mana faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan khususnya di Keripik Tempe Aneka Rasa "KTAR" Bu. Noer – Malang. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada CV. Aneka Rasa dengan merk KTAR. Bu. Noer. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas diantaranya kualitas layanan, kualitas produk, persepsi harga, citra/image dan kepuasan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pelanggan KTAR Bu. Noer. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 155 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Dari pengolahan data yang didapatkan melalui kuesioner pelanggan KTAR Bu. Noer maka penelitian ini menghasilkan bahwa kualitas layanan, kualitas produk, persepsi harga dan citra/image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan juga mempengaruhi secara poitif dan signifikan terhadap loyalitas dari pelanggan.