Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Agroindustri studi kasus di Perusahaan Keripik Tempe Abadi Malang

Main Author: ImmanuelSibarani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148420/1/051002462.pdf
http://repository.ub.ac.id/148420/
Daftar Isi:
  • Perusahaan Keripik Tempe (PKT) Abadi merupakan salah satu perintis industri keripik tempe di Malang yang menghasilkan produk keripik tempe dari bahan baku kacang kedelai. Saat ini banyak industri baru sejenis di Malang menyebabkan tingkat persaingan semakin ketat. Tingkat persaingan yang semakin ketat tersebut berdampak terhadap penurunan volume (omzet) penjualan PKT Abadi beberapa tahun belakangan ini. Dalam situasi yang demikian, perlu dicari strategi bisnis agar perusahaan bisa bertahan (exist) dan bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Strategi bisnis yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah implementasi pemasaran elektronik (e-commerce) berbasis web. Pemasaran elektronik (e-commerce) memiliki keunggulan dibandingkan pemasaran konvensional di antaranya dapat memperpendek saluran distribusi dan meminimasi biaya promosi (iklan), meningkatkan pendapatan dengan online channel yang biayanya lebih murah, mengurangi biaya operasional dan administrasi pemasaran, pembayaran lebih cepat dan tepat dengan transfer elektronik serta mempercepat pelayanan pelanggan. Pemasaran elektronik semakin unggul dengan adanya teknologi internet. Keberadaan internet yang aksesnya tidak terbatas ruang dan waktu memungkinkan untuk menjangkau konsumen lintas wilayah. Tujuan penelitian adalah merancang sitem informasi pemasaran berbasis web sebagai media pemasaran produk PKT Abadi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2010 di PKT Abadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping untuk mengeksplorasi setiap proses perancangan sitem. Dari penelitian yang telah dilakukan dihasilkan prototype aplikasi sistem informasi pemasaran produk berbasis web yang diberi nama ―Ikromabadi‖. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai media pemasaran untuk kegiatan promosi dan penjualan produk dengan sistem order-mail secara online. Selain itu, dengan adanya sistem ini, manajemen perusahaan dapat mengelola persediaan dan mengetahui laporan penjualan produk secara real-time dan up-to-date. Berdasarkan proses pengujian terhadap sistem yang dirancang dapat dinyatakan bahwa sistem telah berjalan dan berfungsi dengan baik. Dan dari penilaian desain user interface sistem yang dilakukan oleh panelis diperoleh nilai rata-rata 4,2 dari skala penilaian 5. Ini menunjukkan bahwa desain user interface sistem secara keseluruhan sudah memadai baik dari segi fitur-fitur yang tersedia, kesesuaian dengan kebutuhan pengguna, kemudahan penggunaan (user friendly), kejelasan informasi yang ditampilakan dan interaktivitas (interactivity) sistem.