Penerapan Metode Case Based Reasoning (CBR) dalam Perencanaan Promosi Produk Wafer studi kasus pada PT. Lestari Biscuit Factory)
Main Author: | StephanieCindyKristianty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/148372/1/051000225.pdf http://repository.ub.ac.id/148372/ |
Daftar Isi:
- Penjualan wafer oleh PT. Lestari Biscuit Factory rata – rata sebesar 11.800 kemasan per bulan, sedangkan standar volume penjualan wafer per bulan adalah sebesar 12.000 kemasan per bulan. Berdasarkan fakta tersebut, maka produk ini membutuhkan perencanaan promosi yang baik. Salah satu metode merencanakan promosi adalah dengan metode Case Based Reasoning (CBR). Tujuan penelitian adalah untuk menentukan alternatif perencanaan promosi produk wafer di PT. Lestari Biscuit Factory dengan menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 01 Juni 2009 hingga tanggal 30 Juli 2009, di PT. Lestari Biscuit Factory, dan pengolahan data dilakukan di Laboratorium Analisis Sistem dan Komputasi Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu penentuan data dan sumber data, pengolahan data, identifikasi masalah, dan penerapan metode CBR. Berdasarkan kasus yang terjadi di perusahaan dan hasil kuesioner, maka metode CBR dilakukan sesuai tahapannya. Pertama, Retrieve menggabungkan data masa lalu. Kedua, Reuse mencari dan menyeleksi media promosi. Ketiga, Revise menguji media promosi yang sesuai. Dan terakhir, Retain menetapkan hasil. Hasil yang diperoleh adalah terdapat tiga alternatif perencanaan promosi untuk satu tahun, yang berdasarkan pada waktu promosi, jenis promosi, dan biaya promosi. Media promosi yang digunakan adalah Diskon, Undian, Biaya Kirim Gratis, Spanduk, dan Katalog. Anggaran biaya promosi untuk satu tahun sebesar Rp. 2.600.000, 00.