Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran Dodol Mangga Podang Menggunakan Fuzzy Multy Criteria Decision Making studi kasus Diseminasi Teknologi Pada Kelompok Tani “Makmur Jaya”, Kediri

Main Author: DhitaMoritaIkasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148165/1/050902141.pdf
http://repository.ub.ac.id/148165/
Daftar Isi:
  • Mangga podang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Saat ini tercatat sebanyak 25 kelompok tani yang mengembangkan usaha pengolahan mangga podang di Kediri. Salah satu kelompok tani yang mengembangkan usaha pengolahan mangga podang adalah Kelompok Tani “Makmur Jaya”. Kelompok tani ini memproduksi bermacam-macam produk olahan mangga podang yang salah satunya adalah dodol mangga podang. Saat ini, jika dilihat dari sisi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi maka strategi pemasaran dodol mangga podang oleh Kelompok Tani “Makmur Jaya” belum dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi pemasaran dodol mangga podang yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal Kelompok Tani “Makmur Jaya” dan mengetahui prioritas strategi pemasaran dodol mangga podang menggunakan fuzzy multi criteria decision making. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah penentuan posisi perusahaan melalui pendekatan matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat) dan matriks IE (Internal-External) dan tahap kedua adalah penentuan prioritas strategi pemasaran menggunakan fuzzy multi criteria decision making. Pada hasil penelitian didapatkan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran kelompok tani ”Makmur Jaya” dan berdasarkan matriks IE diketahui bahwa perusahaan berada pada sel ”V” sehingga strategi generik yang harus diambil pada posisi ini adalah penetrasi pasar. Kemudian berdasarkan matriks SWOT dapat dikembangkan 6 alternatif strategi yang sesuai dengan strategi penetrasi pasar. Dengan menggunakan fuzzy multi criteria decision making dapat diketahui urutan atau ranking dari 6 alternatif tersebut yang secara berturut-turut yaitu strategi harga (0,28719), meningkatkan promosi (0,27764), mempertahankan rasa (0,27516), memperluas pemasaran (0,25323), memperlancar distribusi (0,24503) dan memberi keuntungan penyalur (0,14207).