Analisis respon dan minat berwirausaha Fettuccinne ampas tahu pada masyarakat Desa Ngenep, Kec. Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur

Main Author: NiraPustaHanurwati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148022/1/050800636.pdf
http://repository.ub.ac.id/148022/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon masyarakat terhadap pemanfaatan ampas tahu menjadi fettuccinne, dan menganalisis hubungan antara respon masyarakat terhadap minat berwirausaha fettuccinne. Penelitian dilakukan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang pada bulan November - Desember 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan jenis penelitiannya adalah Explanatory Research. Teknik penentuan populasinya dengan cara sengaja (purposive), sedangkan penentuan sampelnya menggunakan saturated sampling. Sampel yang akan diambil adalah semua orang yang mengikuti pelatihan, berjumlah 30 responden. Variabel bebas berupa pengetahuan (X1), dan sikap (X2), sedangkan variabel terikat adalah minat berwirausaha fettuccinne (Y). Dari hasil perhitungan bahwa respon masyarakat terhadap pemanfaatan ampas tahu menjadi fettuccinne tergolong tinggi dengan persentase pengetahuan sebesar 97,45%; sikap 95,56%. Nilai faktor koreksi korelasi hubungan antara pengetahuan terhadap minat berwirausaha sebesar 0,77, artinya terdapat hubungan yang sangat kuat, sedangkan nilai faktor koreksi korelasi hubungan antara sikap terhadap minat berwirausaha sebesar 0,63, artinya terdapat hubungan yang cukup kuat, sehingga terdapat hubungan yang positif antara respon masyarakat terhadap minat berwirausaha.