Analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan Susu Kedelai “Risa”

Main Author: IidMufaidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/148021/1/050800635.pdf
http://repository.ub.ac.id/148021/
Daftar Isi:
  • Unit usaha mikro “Risa” merupakan salah satu produsen susu kedelai yang berlokasi di Perumahan Joyogrand Malang mengeluarkan susu kedelai dengan kemasan baru. Kemasan semula berupa plastik ditutup dengan karet gelang diubah menjadi cup 220 ml. Perubahan kemasan dilakukan untuk memberikan stimulus terhadap sikap dan perilaku konsumen, oleh karena itu perlu dilakukan analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan susu kedelai “Risa”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan susu kedelai “Risa”, nilai sikap dan norma subyektif yang mempengaruhi maksud beli konsumen terhadap perubahan kemasan, dan perubahan nilai atribut kemasan oleh konsumen sebelum dan setelah membeli. Penelitian dilaksanakan September 2007 - Februari 2008, pengumpulan data dilakukan pada tanggal 8 - 19 Januari 2008 di Joyogrand, Dinoyo, dan Ketawanggede kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 72 responden yaitu konsumen yang pernah membeli atau sedang membeli atau mengkonsumsi susu kedelai ”Risa” usia 17-60 tahun. Variabel dalam penelitian ini adalah keyakinan/ kepercayaan sebelum membeli, evaluasi, keyakinan/kepercayaan normatif dan motivasi. Atribut pada variabel keyakinan/kepercayaan sebelum mebeli dan evaluasi setelah membeli antara lain komposisi warna pada kemasan, desain gambar, informasi pada label, kemudahan label untuk diingat, kepraktisan kemasan, kemudahan kemasan untuk dibuka, kekuatan bahan pengemas, cara penutupan. Atribut pada variabel keyakinan/kepercayaan normatif dan variabel motivasi antara lain anggota keluarga,tenaga penjual, teman dan orang lain. Analisis data menggunakan analisis sikap dan perilaku konsumen dengan Model Multiatribut Fishbein. Pada penelitian ini dapat disimpu kan bahwa konsumen menerima perubahan kemasan susu kedelai “Risa” dengan sikap mendekati baik (+15,361) pada skala pengukuran -27,663 (sangat tidak baik) dan +27,663 (sangat baik), dan konsumen memiliki maksud beli terhadap produk dengan nilai perilaku yang positif (15,444). Maksud beli Konsumen sebagian besar dipengaruhi oleh diri sendiri dengan nilai 0,718, sedangkan pengaruh pihak lain sebesar 0,282. Penilaian konsumen terhadap atribut kemasan menurun setelah konsumen membeli atau mengkonsumsi susu kedelai “Risa”.