Analisis Usability Pada Website Jawa Timur Park Group Dengan Heuristic Evaluation

Main Author: Khairina, Irsalina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147436/1/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/147436/2/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/147436/
Daftar Isi:
  • Salah satu media penyebaran informasi terkait pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Jawa Timur Park adalah melalui website. jawatimurparkgroup.com merupakan salah satu website resmi milik Jawa Timur Park yang dapat diakses oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Dalam menyebarluaskan informasi, salah satu aspek yang diutamakan dalam kenyamanan penggunaan sebuah sistem informasi adalah aspek usability. Sejauh ini terdapat beberapa metode dalam evaluasi salah satunya adalah metode Heuristic Evaluation. Pada penelitian ini, proses evaluasi dilakukan dua tahap yaitu evaluasi awal website Jawa Timur Park Group dan evaluasi terhadap perbaikan website Jawa Timur Park Group dengan berdasarkan 10 prinsip Heuristic Evaluation, yaitu H1 - Visibility of System status, H2 - Macth Between System and The Real Word, H3 - User Control and Freedom, H4 - Consistency and Standards, H5 - Error Prevention, H6 - Recognition Rather Than Recall, H7 - Flexibility and Efficiency of Use, H8 - Aesthethic and Minimalist Design, H9 - Helps User Recognize, Diagnose, and Recovers Errors, dan H10 - Help and Documentation. Berdasarkan hasil evaluasi, permasalahan yang paling banyak ditemukan terdapat pada kategori prinsip H8 - Aesthethic and Minimalist Design. Selain itu, juga diperlukan perbaikan dan pengembangan lanjut pada website Jawa Timur Park Group berdasarkan perbandingan antara hasil evaluasi awal dan evaluasi kedua terhadap perbaikan website yang masih banyak ditemukan permasalahan.