Evaluasi Proses Bisnis Pada CV. Gafina Putra Jaya Dengan Quality Evaluation Framework (QEF)

Main Author: Anggraeni, JeanniKusumaNur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147320/2/Skripsi_Jeanni_-_125150401111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/147320/3/Jurnal_Skripsi_Jeanni.pdf
http://repository.ub.ac.id/147320/
ctrlnum 147320
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/147320/</relation><title>Evaluasi Proses Bisnis Pada CV. Gafina Putra Jaya Dengan Quality Evaluation Framework (QEF)</title><creator>Anggraeni, JeanniKusumaNur</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Proses fabrikasi dan proses penerimaan pesanan pada CV. Gafina Putra Jaya adalah proses utama pada perusahaan. Dengan menerapkan sistem Make to Order sebagai sistem produksi, perusahaan ini harus memperhitungkan hal-hal seperti, kesesuaian produk, kesesuaian bahan baku dan pekerja, hingga koordinasi jalannya proses tersebut. Namun faktanya, ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai perusahaan sehingga dapat menghambat aktivitas-aktivitas lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui gap yang terjadi antara target dan hasil kalkulasi. Langkah pertama yang dilakukan yaitu menentukan kebutuhan non-fungsional serta memodelkan proses bisnis dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) 2.0. Kemudian menentukan quality factor beserta targetnya dan dilakukan perhitungan sesuai dengan persamaan yang ada pada QEF. Selanjutnya mengidentifikasi tiap-tiap quality factor beserta ketidaksesuaian yang terjadi didalamnya hingga menemukan akar permasalahan dari gap yang terjadi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengetahui letak ketidaksesuaian yang terjadi pada perusahaannya sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk perbaikan proses bisnis pada perusahaan yang bersangkutan.</description><date>2017-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147320/2/Skripsi_Jeanni_-_125150401111014.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147320/3/Jurnal_Skripsi_Jeanni.pdf</identifier><identifier> Anggraeni, JeanniKusumaNur (2017) Evaluasi Proses Bisnis Pada CV. Gafina Putra Jaya Dengan Quality Evaluation Framework (QEF). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2017/105/051701520</relation><recordID>147320</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anggraeni, JeanniKusumaNur
title Evaluasi Proses Bisnis Pada CV. Gafina Putra Jaya Dengan Quality Evaluation Framework (QEF)
publishDate 2017
isbn 1251504011110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/147320/2/Skripsi_Jeanni_-_125150401111014.pdf
http://repository.ub.ac.id/147320/3/Jurnal_Skripsi_Jeanni.pdf
http://repository.ub.ac.id/147320/
contents Proses fabrikasi dan proses penerimaan pesanan pada CV. Gafina Putra Jaya adalah proses utama pada perusahaan. Dengan menerapkan sistem Make to Order sebagai sistem produksi, perusahaan ini harus memperhitungkan hal-hal seperti, kesesuaian produk, kesesuaian bahan baku dan pekerja, hingga koordinasi jalannya proses tersebut. Namun faktanya, ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan target yang ingin dicapai perusahaan sehingga dapat menghambat aktivitas-aktivitas lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui gap yang terjadi antara target dan hasil kalkulasi. Langkah pertama yang dilakukan yaitu menentukan kebutuhan non-fungsional serta memodelkan proses bisnis dengan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) 2.0. Kemudian menentukan quality factor beserta targetnya dan dilakukan perhitungan sesuai dengan persamaan yang ada pada QEF. Selanjutnya mengidentifikasi tiap-tiap quality factor beserta ketidaksesuaian yang terjadi didalamnya hingga menemukan akar permasalahan dari gap yang terjadi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengetahui letak ketidaksesuaian yang terjadi pada perusahaannya sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk perbaikan proses bisnis pada perusahaan yang bersangkutan.
id IOS4666.147320
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:49:07Z
last_indexed 2021-10-28T07:35:07Z
recordtype dc
_version_ 1751454629706596352
score 17.538404