Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Aksara Jawa
Main Author: | ArizaMuti, Merza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/147235/1/Jurnal_Skripsi_Merza_Ariza_Muti.pdf http://repository.ub.ac.id/147235/1/Skripsi_Merza_Ariza_Muti.pdf http://repository.ub.ac.id/147235/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran aksara Jawa hanya terbatas pada materi sekolah di mata pelajaran bahasa Jawa yang hanya diterima 1-2 jam per minggu dan masih menggunakan media pembelajaran berupa buku atau gambar statis. Hal ini dianggap tidak efektif untuk penguasaan kompetensi baca tulis aksara Jawa. Pada penelitian ini diimplementasikan sebuah aplikasi perangkat bergerak Android untuk pembelajaran aksara Jawa yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi Augmented Reality (AR) diterapkan untuk menampilkan bentuk 3D huruf aksara Jawa sehingga lebih menarik. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi aksara Jawa, contoh kata penggunaan aksara Jawa, petunjuk penulisan aksara Jawa, petunjuk pengucapan aksara Jawa serta contoh kalimat aksara pasangan dan sandhangan. Pengujian yang dilakukan pada 20 data uji huruf aksara Jawa menunjukkan bahwa pada jarak 15-40 cm aplikasi mampu mengenali marker dengan sempurna. Pengujian juga dilakukan pada 10 orang pengguna yang terdiri dari 2 orang luar Jawa dan 8 murid SD menunjukkan persentase usability aplikasi AjAR dalam membantu pembelajaran aksara Jawa sebesar 87%. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, aplikasi ini dapat dijalankan pada sistem operasi Android versi 4.1 hingga 5.1.