Evaluasi Desain Antar Muka Aplikasi Mobile KPP Madya Malang Menggunakan Heuristic Evaluation

Main Author: Islam, AhmadSyaichul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147086/1/Skripsi-Ahmad_Syaichul_Islam.pdf
http://repository.ub.ac.id/147086/2/Jurnal_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147086/
ctrlnum 147086
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/147086/</relation><title>Evaluasi Desain Antar Muka Aplikasi Mobile KPP Madya Malang Menggunakan Heuristic Evaluation</title><creator>Islam, AhmadSyaichul</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>KPP Madya Malang memiliki sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang baru saja dibuat. Aplikasi tersebut memiliki tujuan untuk menjalin hubungan antara wajib pajak dan petugas pajak agar hubungan bisa timpal balik. Pada penerapanya aplikasi tersebut jarang digunakan oleh wajib pajak dalam mengakses informasi terkait perpajakan. Untuk mengatahui penyebab hal tersebut maka butuh dianalisa dari aspek usability. Dalam menemukan permasalahan usability metode heuristic evaluation adalah salah satu metode yang terbaik. Dengan memusatkan pada penemuan permasalahan usability, Heuristic evaluation menggunakan evaluator untuk mencari masalah tersebut. Dalam melakukan evaluasi evaluator yang digunakan berjumlah 3 orang dengan berbagai latar belakang. Evaluator dipilih berdasarkan pengalamannya dalam bidang tertentu yang membantu untuk menemukan permasalahan usability. Evaluasi dilakukan berdasarkan heuristic yang sudah ditentukan dengan berjumlah 9 heuristic. Permasalahan usability yang ditemukan setelah evaluasi berjumlah 24 masalah terbagi dalam masing-masing heuristic. Setiap permasalahan memiliki tingkat severity atau kepelikan masalah dengan tingkat rata-rata severity untuk semua masalah adalah 1.9 poin dalam skala Nielsen. Dalam skala Nielsen 1.9 berarti tingkat masalah usability pada aplikasi yang diteliti memiliki tingkat Minor. Dengan jumlah masalah dan tingkat kepelikan tersebut maka dibuat 3 rekomendasi utama untuk perbaikan terhadap aplikasi yang sudah dievaluasi.</description><date>2016-08-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147086/1/Skripsi-Ahmad_Syaichul_Islam.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147086/2/Jurnal_Skripsi.pdf</identifier><identifier> Islam, AhmadSyaichul (2016) Evaluasi Desain Antar Muka Aplikasi Mobile KPP Madya Malang Menggunakan Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/515/051608777</relation><recordID>147086</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Islam, AhmadSyaichul
title Evaluasi Desain Antar Muka Aplikasi Mobile KPP Madya Malang Menggunakan Heuristic Evaluation
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/147086/1/Skripsi-Ahmad_Syaichul_Islam.pdf
http://repository.ub.ac.id/147086/2/Jurnal_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147086/
contents KPP Madya Malang memiliki sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang baru saja dibuat. Aplikasi tersebut memiliki tujuan untuk menjalin hubungan antara wajib pajak dan petugas pajak agar hubungan bisa timpal balik. Pada penerapanya aplikasi tersebut jarang digunakan oleh wajib pajak dalam mengakses informasi terkait perpajakan. Untuk mengatahui penyebab hal tersebut maka butuh dianalisa dari aspek usability. Dalam menemukan permasalahan usability metode heuristic evaluation adalah salah satu metode yang terbaik. Dengan memusatkan pada penemuan permasalahan usability, Heuristic evaluation menggunakan evaluator untuk mencari masalah tersebut. Dalam melakukan evaluasi evaluator yang digunakan berjumlah 3 orang dengan berbagai latar belakang. Evaluator dipilih berdasarkan pengalamannya dalam bidang tertentu yang membantu untuk menemukan permasalahan usability. Evaluasi dilakukan berdasarkan heuristic yang sudah ditentukan dengan berjumlah 9 heuristic. Permasalahan usability yang ditemukan setelah evaluasi berjumlah 24 masalah terbagi dalam masing-masing heuristic. Setiap permasalahan memiliki tingkat severity atau kepelikan masalah dengan tingkat rata-rata severity untuk semua masalah adalah 1.9 poin dalam skala Nielsen. Dalam skala Nielsen 1.9 berarti tingkat masalah usability pada aplikasi yang diteliti memiliki tingkat Minor. Dengan jumlah masalah dan tingkat kepelikan tersebut maka dibuat 3 rekomendasi utama untuk perbaikan terhadap aplikasi yang sudah dievaluasi.
id IOS4666.147086
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:53Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454631146291200
score 17.538404