Analisis Pengaruh Usability Website Menggunakan Standar ISO 9241-11 Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada Tokopedia.com Dengan Partial Least Square (PLS)

Main Author: Imansari, RahmaSischa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147037/1/paper_skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147037/2/skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147037/
ctrlnum 147037
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/147037/</relation><title>Analisis Pengaruh Usability Website Menggunakan Standar ISO 9241-11 Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada Tokopedia.com Dengan Partial Least Square (PLS)</title><creator>Imansari, RahmaSischa</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia sangat pesat, hal ini didukung dari data MENKOMINFO yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp. 130 triliun. Salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia memanfaatkan teknologi internet berbasis website untuk proses bisnisnya. Website pada perusahaan dijadikan layanan edukasi pelanggan perusahaan sebagai upaya membangun loyalitas pelanggan, aktivitas tersebut dikenal sebagai bagian dari solusi CRM (Customer Relationship Management). Salah satu fase CRM adalah retensi pelanggan. Faktor untuk retensi pelanggan dalam bisnis e-commerce dengan memiliki nilai usability website. Nilai usability website akan berdampak pada kepuasan pengguna dalam mengakses website, kepuasan pengguna tersebut akan berdampak pada loyalitas pelanggan yang menyebabkan retensi pelanggan. Nilai usability website dapat diukur dengan aspek ISO 9241-11 yaitu efficiency, effectivenes dan satisfaction. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai analisis pengaruh usability website menggunakan standar ISO 9241.11 terhadap tingkat retensi pelanggan pada Tokopedia. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada pengunjung dan pembeli pada Tokopedia untuk mendapatkan data mengenai usability website dan nilai retensi Tokopedia yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif pada semua variabel usability website menggunakan standar ISO 9241.11 dengan variabel retensi serta terdapat pengaruh signifikan dan pengaruh tidak signifikan dari variabel usability website menggunakan standar ISO 9241.11 dengan variabel retensi. Pada variabel effectivenes memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,22 dan berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &amp;gt; 1,96 yaitu 2,353 dan memiliki nilai p value &amp;lt; 0,05 yaitu 0,030. Pada variabel efficiency memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,043 dan tidak berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &amp;lt; 1,96 yaitu 0,575 dan memiliki nilai p value &amp;gt; 0,05 yaitu 0,616. Pada variabel satisfaction memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,599 dan berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &amp;gt; 1,96 yaitu 5,748 dan memiliki nilai p value &amp;lt; 0,05 yaitu 0.</description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147037/1/paper_skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/147037/2/skripsi.pdf</identifier><identifier> Imansari, RahmaSischa (2016) Analisis Pengaruh Usability Website Menggunakan Standar ISO 9241-11 Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada Tokopedia.com Dengan Partial Least Square (PLS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/470/051608732</relation><recordID>147037</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Imansari, RahmaSischa
title Analisis Pengaruh Usability Website Menggunakan Standar ISO 9241-11 Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada Tokopedia.com Dengan Partial Least Square (PLS)
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/147037/1/paper_skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147037/2/skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147037/
contents Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia sangat pesat, hal ini didukung dari data MENKOMINFO yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp. 130 triliun. Salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia memanfaatkan teknologi internet berbasis website untuk proses bisnisnya. Website pada perusahaan dijadikan layanan edukasi pelanggan perusahaan sebagai upaya membangun loyalitas pelanggan, aktivitas tersebut dikenal sebagai bagian dari solusi CRM (Customer Relationship Management). Salah satu fase CRM adalah retensi pelanggan. Faktor untuk retensi pelanggan dalam bisnis e-commerce dengan memiliki nilai usability website. Nilai usability website akan berdampak pada kepuasan pengguna dalam mengakses website, kepuasan pengguna tersebut akan berdampak pada loyalitas pelanggan yang menyebabkan retensi pelanggan. Nilai usability website dapat diukur dengan aspek ISO 9241-11 yaitu efficiency, effectivenes dan satisfaction. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai analisis pengaruh usability website menggunakan standar ISO 9241.11 terhadap tingkat retensi pelanggan pada Tokopedia. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada pengunjung dan pembeli pada Tokopedia untuk mendapatkan data mengenai usability website dan nilai retensi Tokopedia yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif pada semua variabel usability website menggunakan standar ISO 9241.11 dengan variabel retensi serta terdapat pengaruh signifikan dan pengaruh tidak signifikan dari variabel usability website menggunakan standar ISO 9241.11 dengan variabel retensi. Pada variabel effectivenes memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,22 dan berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &gt; 1,96 yaitu 2,353 dan memiliki nilai p value &lt; 0,05 yaitu 0,030. Pada variabel efficiency memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,043 dan tidak berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &lt; 1,96 yaitu 0,575 dan memiliki nilai p value &gt; 0,05 yaitu 0,616. Pada variabel satisfaction memiliki hubungan positif karena memiliki nilai original sample positif yaitu 0,599 dan berpengaruh signifikan karena memiliki nilai T-statistik &gt; 1,96 yaitu 5,748 dan memiliki nilai p value &lt; 0,05 yaitu 0.
id IOS4666.147037
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:53Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:23Z
recordtype dc
_version_ 1751454631345520640
score 17.538404