Implementasi Metode F-AHP Untuk Menentukan Prioritas Pemberian Bantuan Sarana Dan Prasarana Sekolah Dasar

Main Author: Ikram, PradanaAbdiDzil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/147008/1/SKRIPSI_PradanaAbdi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147008/2/2._Jurnal_PradanaAbdi.pdf
http://repository.ub.ac.id/147008/
Daftar Isi:
  • Sarana dan Prasarana pembelajaran di sekolah adalah suatu hal yang penting untuk kegiatan belajar mengajar. Sarana dan prasarana yang baik akan membuat suasana belajar mengajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik dan juga pengajar. Di dalam pemberian bantuan dana sarana prasarana sekolah di suatu daerah, dana yang diberikan pemerintah pusat tidak selalu mencukupi untuk semua sekolah yang mengajukan bantuan. Oleh karena itu pemberian prioritas pada sekolah yang mengajukan bantuan sarana prasarana sangat dibutuhkan. UPTD Kecamatan Gresik adalah salah satu lembaga pendidikan pemerintah yang menaungi SD/MI di Kecamatan Gresik. Di UPTD Kecamatan Gresik belum memiliki perhitungan matematis yang cukup baik dalam pemberian prioritas bantuan sarana dan prasarana. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis membuat penelitian untuk membantu pihak UPTD Kecamatan Gresik dalam menentukan prioritas pemberian bantuan sarana prasarana dengan menggunakan metode fuzzy analytical hierarchy process (F-AHP) dalam perhitungannya. Berdasarkan hasil korelasi antara prioritas yang diberikan oleh pihak UPTD Kecamatan Gresik degan sistem yang dibuat oleh penulis didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,969. Menurut interpretasi yang dibuat oleh Sugiyono (2007), hasil koefisien korelasi tersebut tergolong sangat kuat.