Desain Dan Implementasi Metode 2D Skeletal Based Animation Menggunakan Motion Capture Berbasis Kinect
Main Author: | Wirawan, MuklasSutra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146975/1/Muklas_sutra_wirawan_final_upload_.pdf http://repository.ub.ac.id/146975/2/JURNAL_MUKLAS_.pdf http://repository.ub.ac.id/146975/ |
Daftar Isi:
- Animasi merupakan salah satu hal yang pokok di dalam pembuatan game, animasi dibuat agar karakter pada game bertingkah laku sesuai dengan sifat yang diberikan dan memberikan efek visual agar game lebih interaktif juga menyenangkan saat dimainkan. Proses pembuatan animasi 2D secara umum ada 2 yaitu sprite base animation dan skeletal based animation, yang selama ini masih dilakukan secara manual yaitu transformasi dari titik ke titik, untuk menghasilkan animasi yang bagus dengan metode ini hanyalah dapat dilakukan oleh orang yang sudah mahir dalam bidang animasi game. Untuk mengatasi hal ini dapat dibantu dengan menggunakan skeletal based animation yang di tambah penggunaan Kinect sebagai motion capture dan sebuah metode untuk merekam dan memainkan transformasi karakter, yang yang hasilnya setiap orang bisa membuat animasi dengan cara ini, cukup dengan menggerakkan anggota tubuh di hadapan Kinect, sebagai dasar gerakan animasi pada karakter game 2D. Hasil pengujian FPS testing yang dilakukan, didapati bahwa dengan menggunakan metode yang dikembangkan dalam penelitian ini, mampu menampung hingga 100 karakter dalam game ketika dijalankan pada komputer windows dengan jumlah FPS adalah 34.