Evaluasi dan Perancangan Ulang Kuesioner Online Penilaian Dosen pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya

Main Author: Ramadhan, Rayyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146934/1/Dokumen_Skripsi_125150401111005.pdf
http://repository.ub.ac.id/146934/2/Jurnal_125150401111005_Rayyan_Ramadhan.pdf
http://repository.ub.ac.id/146934/
ctrlnum 146934
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146934/</relation><title>Evaluasi dan Perancangan Ulang Kuesioner Online Penilaian Dosen pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya</title><creator>Ramadhan, Rayyan</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Kuesioner Online Penilaian Dosen (KUDOS) merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberi penilaian terhadap proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Namun dalam penerapannya, ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan kuesioner menjadi tidak nyaman untuk diisi, sehingga dikhawatirkan hasil yang diperoleh dari kuesioner menjadi tidak sesuai dengan kenyataan. Fokus yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi perancangan ulang terhadap desain antarmuka pengguna dengan menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dimana pada metode ini akan melibatkan pengguna dalam setiap tahapan pengembangannya. Hasil evaluasi yang dilakukan terhadap 45 orang pengguna KUDOS, didapati beberapa permasalahan dari aspek tampilan, bagian isi, prioritas data dan respon pengguna. Diantara beberapa permasalahannya yaitu tampilan kuesioner online yang terlalu panjang, penggunaan font yang terlalu kecil, renggang jarak (spasi) antar kata dan antar soal yang terlalu berdekatan, tidak adanya indent (tulisan yang menjorok ke dalam) pada pilihan jawaban dan tampilan kuesioner secara keseluruhan yang monoton. Selain mengutarakan permasalahan terkait kuesioner, responden juga memberikan saran atas perbaikan desain yang diinginkan. Hasil akhir perancangan berupa 3 rekomendasi desain yang didasari dengan menerapkan saran-saran yang diberikan, mengikuti pedoman dalam pembuatan kuesioner online, dan mengadopsi tampilan-tampilan kuesioner online yang digunakan pada perusahaan-perusahaan professional. Diharapkan rekomendasi desain yang baru dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam melakukan pengisian kuesioner kedepannya.</description><date>2016-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146934/1/Dokumen_Skripsi_125150401111005.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146934/2/Jurnal_125150401111005_Rayyan_Ramadhan.pdf</identifier><identifier> Ramadhan, Rayyan (2016) Evaluasi dan Perancangan Ulang Kuesioner Online Penilaian Dosen pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/378/051606628</relation><recordID>146934</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramadhan, Rayyan
title Evaluasi dan Perancangan Ulang Kuesioner Online Penilaian Dosen pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya
publishDate 2016
isbn 1251504011110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146934/1/Dokumen_Skripsi_125150401111005.pdf
http://repository.ub.ac.id/146934/2/Jurnal_125150401111005_Rayyan_Ramadhan.pdf
http://repository.ub.ac.id/146934/
contents Kuesioner Online Penilaian Dosen (KUDOS) merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Universitas Brawijaya, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberi penilaian terhadap proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen. Namun dalam penerapannya, ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan kuesioner menjadi tidak nyaman untuk diisi, sehingga dikhawatirkan hasil yang diperoleh dari kuesioner menjadi tidak sesuai dengan kenyataan. Fokus yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan evaluasi dan memberikan rekomendasi perancangan ulang terhadap desain antarmuka pengguna dengan menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dimana pada metode ini akan melibatkan pengguna dalam setiap tahapan pengembangannya. Hasil evaluasi yang dilakukan terhadap 45 orang pengguna KUDOS, didapati beberapa permasalahan dari aspek tampilan, bagian isi, prioritas data dan respon pengguna. Diantara beberapa permasalahannya yaitu tampilan kuesioner online yang terlalu panjang, penggunaan font yang terlalu kecil, renggang jarak (spasi) antar kata dan antar soal yang terlalu berdekatan, tidak adanya indent (tulisan yang menjorok ke dalam) pada pilihan jawaban dan tampilan kuesioner secara keseluruhan yang monoton. Selain mengutarakan permasalahan terkait kuesioner, responden juga memberikan saran atas perbaikan desain yang diinginkan. Hasil akhir perancangan berupa 3 rekomendasi desain yang didasari dengan menerapkan saran-saran yang diberikan, mengikuti pedoman dalam pembuatan kuesioner online, dan mengadopsi tampilan-tampilan kuesioner online yang digunakan pada perusahaan-perusahaan professional. Diharapkan rekomendasi desain yang baru dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam melakukan pengisian kuesioner kedepannya.
id IOS4666.146934
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:47Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:19Z
recordtype dc
_version_ 1751454632024997888
score 17.538404