Analisa dan Pemodelan Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN)

Main Author: Tambunan, UlyTheresia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146902/1/SKRIPSI_ULY_FIX.pdf
http://repository.ub.ac.id/146902/
ctrlnum 146902
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146902/</relation><title>Analisa dan Pemodelan Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN)</title><creator>Tambunan, UlyTheresia</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Penerimaan mahasiswa baru adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Universitas XYZ setiap tahun. Proses penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan oleh panitia, yang disusun oleh Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama (BAAK) Universitas XYZ. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dalam kepanitiaan ini masih belum memiliki manual prosedur atau yang biasa disebut SOP (Standard Operating Procedure) yang dapat dijadikan acuan dalam pengerjaan. Hal itu menimbulkan berbagai masalah, baik di dalam kepanitiaan, maupun kepada pihak di luar kepanitiaan. Oleh karena itu, dalam proyek skripsi ini, penulis menggunakan konsep Business Process Management (BPM) untuk menganalisa proses bisnis penerimaan mahasiswa baru dan mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada program kerja ini. Proses bisnis yang telah diidentifikasi digambarkan menggunakan standar pemodelan Business Process Model and Notation (BPMN). Penulis menggunakan aplikasi Bizagi untuk memodelkan proses bisnis tersebut. Kemudian, melalui pemodelan proses bisnis dan dibantu oleh hasil wawancara, penulis menemukan masalah yang terjadi pada program kerja ini. Penemuan masalah tersebut juga kiranya dapat menjadi pertimbangan bagi Universitas XYZ, khususnya bagian BAAK untuk mengambil keputusan atas tindakan apa yang selanjutnya akan dilakukan. Proyek skripsi ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya SOP untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam suatu program kerja.</description><date>2016-06-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146902/1/SKRIPSI_ULY_FIX.pdf</identifier><identifier> Tambunan, UlyTheresia (2016) Analisa dan Pemodelan Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/349/051606599</relation><recordID>146902</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tambunan, UlyTheresia
title Analisa dan Pemodelan Proses Bisnis Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN)
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146902/1/SKRIPSI_ULY_FIX.pdf
http://repository.ub.ac.id/146902/
contents Penerimaan mahasiswa baru adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Universitas XYZ setiap tahun. Proses penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan oleh panitia, yang disusun oleh Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama (BAAK) Universitas XYZ. Pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dalam kepanitiaan ini masih belum memiliki manual prosedur atau yang biasa disebut SOP (Standard Operating Procedure) yang dapat dijadikan acuan dalam pengerjaan. Hal itu menimbulkan berbagai masalah, baik di dalam kepanitiaan, maupun kepada pihak di luar kepanitiaan. Oleh karena itu, dalam proyek skripsi ini, penulis menggunakan konsep Business Process Management (BPM) untuk menganalisa proses bisnis penerimaan mahasiswa baru dan mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada program kerja ini. Proses bisnis yang telah diidentifikasi digambarkan menggunakan standar pemodelan Business Process Model and Notation (BPMN). Penulis menggunakan aplikasi Bizagi untuk memodelkan proses bisnis tersebut. Kemudian, melalui pemodelan proses bisnis dan dibantu oleh hasil wawancara, penulis menemukan masalah yang terjadi pada program kerja ini. Penemuan masalah tersebut juga kiranya dapat menjadi pertimbangan bagi Universitas XYZ, khususnya bagian BAAK untuk mengambil keputusan atas tindakan apa yang selanjutnya akan dilakukan. Proyek skripsi ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya SOP untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam suatu program kerja.
id IOS4666.146902
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:43Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:14Z
recordtype dc
_version_ 1751454632141389824
score 17.538404