Optimasi Penjadwalan Kapal Penumpang Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar Nusa Tenggara Barat)

Main Author: Mahatma, IGdeYogi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146878/1/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf
http://repository.ub.ac.id/146878/2/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf
http://repository.ub.ac.id/146878/
ctrlnum 146878
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146878/</relation><title>Optimasi Penjadwalan Kapal Penumpang Menggunakan Algoritma Genetika &#xD; (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar Nusa Tenggara Barat)</title><creator>Mahatma, IGdeYogi</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Permasalahan penjadwalan kapal penumpang di pelabuhan merupakan masalah yang harus diperhatikan. Otoritas pelabuhan setiap minggunya dituntut untuk membuat jadwal yang tepat agar terselenggaranya penyeberangan kapal yang baik. Pada penjadwalan kapal, hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu yaitu kapal yang tersedia pada hari tertentu, setiap minggunya kapal-kapal di pelabuhan melakukan perawatan sehingga tidak dapat melakukan penyeberangan dan mempengaruhi otoritas pelabuhan dalam membuat jadwal. Selanjutnya otoritas kapal melihat jenis dari kapal tersebut untuk dilakukan penjadwalan. Pada pelabuhan Lembar terdapat 2 jenis kapal yaitu kapal baru dan kapal lama. Antar kapal-kapal tersebut juga diharapkan mendapatkan jadwal penyeberangan yang seimbang dalam sekali penjadwalan agar keuntungan yang diperoleh antar kapal-kapal tersebut sama. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma genetika untuk mengoptimasi masalah yang terjadi pada penjadwalan kapal penumpang agar menghasilkan jadwal yang baik. Representasi kromosom yang digunakan dalam penelitian ini adalah permutasi bilangan integer dengan panjang kromosom sebanyak 168 gen yang mewakili setiap kapal. Untuk proses reproduksi menggunakan metode one cut-point crossover dan reciprocal exchange mutation sedangkan pada proses seleksinya menggunakan metode elitism. Dari hasil pengujian didapat jumlah populasi 400, jumlah generasi 300 dan kombinasi Cr&amp;amp;Mr yaitu 0,5 &amp;amp; 0.5 menghasilkan rata-rata fitness tertinggi yaitu 0.026955704.</description><date>2016-05-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146878/1/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146878/2/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf</identifier><identifier> Mahatma, IGdeYogi (2016) Optimasi Penjadwalan Kapal Penumpang Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar Nusa Tenggara Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/326/051605969</relation><recordID>146878</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mahatma, IGdeYogi
title Optimasi Penjadwalan Kapal Penumpang Menggunakan Algoritma Genetika (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar Nusa Tenggara Barat)
publishDate 2016
isbn 1251503001110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146878/1/Jurnal-GanaPradipaBawana.pdf
http://repository.ub.ac.id/146878/2/GanaPradipaBawana_125150300111066.pdf
http://repository.ub.ac.id/146878/
contents Permasalahan penjadwalan kapal penumpang di pelabuhan merupakan masalah yang harus diperhatikan. Otoritas pelabuhan setiap minggunya dituntut untuk membuat jadwal yang tepat agar terselenggaranya penyeberangan kapal yang baik. Pada penjadwalan kapal, hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu yaitu kapal yang tersedia pada hari tertentu, setiap minggunya kapal-kapal di pelabuhan melakukan perawatan sehingga tidak dapat melakukan penyeberangan dan mempengaruhi otoritas pelabuhan dalam membuat jadwal. Selanjutnya otoritas kapal melihat jenis dari kapal tersebut untuk dilakukan penjadwalan. Pada pelabuhan Lembar terdapat 2 jenis kapal yaitu kapal baru dan kapal lama. Antar kapal-kapal tersebut juga diharapkan mendapatkan jadwal penyeberangan yang seimbang dalam sekali penjadwalan agar keuntungan yang diperoleh antar kapal-kapal tersebut sama. Dalam penelitian ini menggunakan algoritma genetika untuk mengoptimasi masalah yang terjadi pada penjadwalan kapal penumpang agar menghasilkan jadwal yang baik. Representasi kromosom yang digunakan dalam penelitian ini adalah permutasi bilangan integer dengan panjang kromosom sebanyak 168 gen yang mewakili setiap kapal. Untuk proses reproduksi menggunakan metode one cut-point crossover dan reciprocal exchange mutation sedangkan pada proses seleksinya menggunakan metode elitism. Dari hasil pengujian didapat jumlah populasi 400, jumlah generasi 300 dan kombinasi Cr&amp;Mr yaitu 0,5 &amp; 0.5 menghasilkan rata-rata fitness tertinggi yaitu 0.026955704.
id IOS4666.146878
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:43Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:14Z
recordtype dc
_version_ 1751454632481128448
score 17.538404