Evaluasi Usability Pada Aplikasi Perpustakaan Digital Universitas Brawijaya
Main Author: | Desideria, Gladina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146864/1/Skripsi_-_Tanudjaya_Tri_Ratna_Sari_-_125150200111005.pdf http://repository.ub.ac.id/146864/2/Jurnal_Skripsi_-_Tanudjaya_Tri_Ratna_Sari_-_125150200111005.pdf http://repository.ub.ac.id/146864/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola koleksi perpustakaan dengan aplikasi bernama Digilib UB. Data feedback pengguna tahun 2015-2016 menunjukkan masih banyak pengguna yang bertanya cara melakukan pencarian buku dengan aplikasi tersebut. Selain itu, masih banyak pengguna yang menanyakan bagaimana melihat dan mencari koleksi skripsi mahasiswa Universitas Brawijaya. Padahal fitur tersebut merupakan salah satu fitur utama aplikasi tetapi pengguna tidak mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi usability tentang kemudahan penggunaan dan bagaimana interaksi pengguna dengan antarmuka aplikasi dengan 5 aspek usability yaitu learnability, effeciency, memorability, effectiveness dan satisfaction. Untuk mengetahui tingkat usability masing-masing aspek digunakan pengujian usability dengan memberikan sejumlah tugas kepada 5 pengguna, untuk menilai aspek learnability, effeciency, memorability dan effectiveness. Diberikan pula kuesioner SUS (System Usability Scale) kepada 30 pengguna lainnya untuk menilai aspek satisfaction. Sedangkan untuk mengetahui masalah-masalah yang ada dilakukan analisis terhadap hasil rekaman aktivitas layar pengguna saat pengujian usability berlangsung, kemudian dari hasil wawancara dan observasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat usability dipengaruhi oleh lamanya pengguna dalam mempelajari aplikasi saat pertama kali, banyaknya halaman atau fitur yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan terlalu banyaknya kata-kata pada halaman “Home” dan istilah yang digunakan yang kurang menggambarkan fungsi dari sebuah fitur yang membuat pengguna tidak mudah mengenalinya. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada seperti perbaikan antar muka halaman “Home”, memperbaiki menu-menu yang tidak berfungsi, memindahkan skripsi yang masih ada di OPAC dan memperbaiki menu “Community and Collection” di BKG.