Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Brawijaya Berdasarkan Dimensi Kualitas Website

Main Author: Iriantono, OnnyImanKandung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146819/1/Onny_Iman_Kandung_Iriantono_-_125150400111031_-_Jurnal.pdf
http://repository.ub.ac.id/146819/1/Onny_Iman_Kandung_Iriantono_-_125150400111031.pdf
http://repository.ub.ac.id/146819/
Daftar Isi:
  • Setiap universitas memiliki suatu lembaga yang bertugas dalam pengembangan dan evaluasi sistem. Salah satunya yang terdapat di UB (Universitas Brawijaya). Lembaga pengembangan dan evaluasi sistem di UB bernama PJM (Pusat Jaminan Mutu). Salah satu tugas yang dilakukan PJM adalah melakukan evaluasi terhadap berjalannya keseluruhan sistem di UB. Berdasarkan informasi resmi dari pihak PJM mengatakan bahwa belum pernah diadakan proses evaluasi terhadap kualitas website official UB berdasarkan pihak eksternal atau mahasiswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website official UB dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penggunaan sistem berdasarkan kepada persepsi dan harapan ideal pengguna. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dalam penggunaan website official UB menggunakan webqual 4.0 yaitu metode atau teknik pengukuran kualitas sebuah website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Berdasarkan hasil penelitian didapat fakta bahwa tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan website official UB secara keseluruhan bernilai rata-rata 2,87 dari skala 4. Namun terdapat 2 parameter ketidakpuasan berdasarkan pada intrumen pertanyaan dari Webqual 4.0, yaitu dari segi tampilan website dengan nilai 1,72 yang menunjukkan ketidakpuasan terhadap tampilan sistem. Parameter ketidakpuasan kedua dengan nilai 1,82 adalah kemudahan dalam menarik minat dan perhatian pengguna sehingga menimbulkan ketertarikan kembali dalam mengakses layanan. Dengan nilai tersebut menunjukkan bahwa pengguna atau mahasiswa tidak memiliki rasa kepuasan dan ketertarikan dalam mengakses website official UB kembali. Nilai t hitung yang didapatkan pada dimensi usability adalah sebesar 8,532, information quality sebesar 7,909, dan service interaction sebesar 10,44. Untuk nilai t tabel didapat hasil sebesar 2,202519 sedangkan berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, ketiga dimensi mempunyai Nilai t hitung > t tabel. Dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa setiap dimensi mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepuasan. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah memberikan rekomendasi berdasarkan aturan ISO/IEC 9126 dan penilain Webgometric untuk peningkatan kualitas website official UB yang lebih baik.