Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang)

Main Author: Yusro, NoorWifqi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146810/1/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_JURNAL_%5BFINAL%5D.pdf
http://repository.ub.ac.id/146810/2/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_SKRIPSI_%5BFINAL%5D.pdf
http://repository.ub.ac.id/146810/
ctrlnum 146810
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146810/</relation><title>Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang)</title><creator>Yusro, NoorWifqi</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang memiliki salah satu divisi yaitu Pusat Sistem Informasi Manajemen, yang berfungsi mengatur segala kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi pada PDAM Kota Malang. Dalam penyelenggaraannya, terdapat masalah dalam hal tata kelola TInya seperti belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur permasalahan TI yang muncul serta masih sedikitnya proses yang memiliki prosedur baku dan dokumentasi. Untuk menangani hal tersebut dibutuhkan adanya kegiatan tata kelola TI untuk mengukur baik tidaknya kondisi tata kelola TI yang sedang berjalan pada Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang. Tata kelola yang dilakukan meliputi tindakan pengukuran tingkat kematangan (maturity level) pada Pusat Sistem Informasi Manajemen berdasarkan framework COBIT 4.1, yang kemudian menghasilkan analisis kesenjangan, analisis SWOT dan rekomendasi perbaikan tata kelola TI. Untuk mengetahui tingkat kematangan (maturity level) tata kelola TI dilakukan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan kepala dan staf Pusat Sistem Informasi Manajemen yang sudah dipilih sebelumnya. Hasil rata-rata tingkat kematangan (maturity level) saat ini berada pada angka 2,08 dari skala 0 sampai 5. Untuk rata-rata tingkat kematangan (maturity level) yang diharapkan berada pada angka 3,05 dari skala 0 sampai 5. Rata-rata tingkat kesenjangan berada pada angka 0,96 yang berarti bernilai 1. Sehingga rekomendasi yang diberikan berfokus pada pembuatan prosedur baku dan dokumentasi setiap proses yang ada pada Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang.</description><date>2016-04-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146810/1/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_JURNAL_%5BFINAL%5D.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146810/2/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_SKRIPSI_%5BFINAL%5D.pdf</identifier><identifier> Yusro, NoorWifqi (2016) Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/265/051604826</relation><recordID>146810</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yusro, NoorWifqi
title Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang)
publishDate 2016
isbn 1251504001110
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146810/1/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_JURNAL_%5BFINAL%5D.pdf
http://repository.ub.ac.id/146810/2/125150400111028_NOOR_WIFQI_YUSRO_SKRIPSI_%5BFINAL%5D.pdf
http://repository.ub.ac.id/146810/
contents Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang memiliki salah satu divisi yaitu Pusat Sistem Informasi Manajemen, yang berfungsi mengatur segala kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan teknologi informasi pada PDAM Kota Malang. Dalam penyelenggaraannya, terdapat masalah dalam hal tata kelola TInya seperti belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur permasalahan TI yang muncul serta masih sedikitnya proses yang memiliki prosedur baku dan dokumentasi. Untuk menangani hal tersebut dibutuhkan adanya kegiatan tata kelola TI untuk mengukur baik tidaknya kondisi tata kelola TI yang sedang berjalan pada Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang. Tata kelola yang dilakukan meliputi tindakan pengukuran tingkat kematangan (maturity level) pada Pusat Sistem Informasi Manajemen berdasarkan framework COBIT 4.1, yang kemudian menghasilkan analisis kesenjangan, analisis SWOT dan rekomendasi perbaikan tata kelola TI. Untuk mengetahui tingkat kematangan (maturity level) tata kelola TI dilakukan penyebaran kuesioner dan wawancara dengan kepala dan staf Pusat Sistem Informasi Manajemen yang sudah dipilih sebelumnya. Hasil rata-rata tingkat kematangan (maturity level) saat ini berada pada angka 2,08 dari skala 0 sampai 5. Untuk rata-rata tingkat kematangan (maturity level) yang diharapkan berada pada angka 3,05 dari skala 0 sampai 5. Rata-rata tingkat kesenjangan berada pada angka 0,96 yang berarti bernilai 1. Sehingga rekomendasi yang diberikan berfokus pada pembuatan prosedur baku dan dokumentasi setiap proses yang ada pada Pusat Sistem Informasi Manajemen PDAM Kota Malang.
id IOS4666.146810
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:39Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:09Z
recordtype dc
_version_ 1751454632734883840
score 17.538404