Rancang Bangun Game Edukasi Biologi Sma Pengenalan Klasifikasi Hewan

Main Author: Dipantara, FadelTrivandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146804/1/Skripsi_Rancang_Bangun_Game_Edukasi_Biologi_SMA_Pengenalan_Klasifikasi_Hewan_Fadel_Trivandi_Dipantara_115090607111027.pdf
http://repository.ub.ac.id/146804/
Daftar Isi:
  • Pengenalan terhadap berbagai spesies makhluk hidup sangat penting untuk dipelajari karena manfaatnya untuk kepentingan manusia. Misalnya, dengan mengetahui ciri-ciri unggul dari berbagai spesies makhluk hidup, kita dapat memanfaatkannya secara langsung antara lain untuk bahan pangan, papan, sandang, dan obat-obatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah game edukasi yang menarik dan dapat digunakan untuk mengenalkan klasifikasi hewan pada siswa SMA. Metode yang digunakan pada perancangan dan implementasi game edukasi ini adalah rapid with iterative prototyping. Proses perancangan dikerjakan dengan MDA framework, paper prototyping, dan playtesting, dan evaluasi. Proses implementasi dilakukan dengan menggunakan game engine Unity dengan bahasa pemrograman C#, dilanjutkan dengan evaluasi berupa quality assurance & playtesting. Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan metode white box basis path testing, dan metode black box test flow diagram, dan focus testing. Dari hasil analisis pengujian dengan basis path testing, diperoleh kesimpulan bahwa unit modul dari program sudah memenuhi kebutuhan fungsional yang dirancang. Dari pengujian dengan test flow diagram diperoleh kesimpulan bahwa fungsionalitas permainan telah memenuhi kebutuhan, dan dari pengujian dengan focus testing diperoleh kesimpulan bahwa permainan sudah memenuhi kebutuhan, dengan hasil 72% siswa lebih cenderung menyatakan permainan sudah menarik, dan 94% siswa lebih cenderung menyatakan game edukasi membantu mereka mengenal dan mempelajari klasifikasi hewan