Audit Sistem Infromasi Manajemen Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) v3

Main Author: Fitrani, LaqmaDica
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146777/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/146777/
ctrlnum 146777
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146777/</relation><title>Audit Sistem Infromasi Manajemen Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) v3</title><creator>Fitrani, LaqmaDica</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya memiliki layanan SIMKOP yaitu sebuah sistem monitoring dalam pelaporan, pembaharuan data, dan pengawasan kegiatan Koperasi dan UMKM di Kota Surabaya untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pelaporan dan pendampingan bagi Koperasi. Tetapi, sebagian besar pelaku koperasi belum melakukan pelaporan dan pembaharuan data pada sistem ini jadi karyawan harus menginputkan secara manual serta proses pengelolaan layanan belum tertata dengan baik sehingga SIMKOP kurang efektif dan efisien seperti yang diinginkan. Oleh karena itu perlu dilakukan audit layanan SIMKOP dengan melakukan analisis hasil audit SIMKOP, menganalisis kesenjangan hasil audit SIMKOP, serta menentukan rekomendasi untuk proses perbaikan tata kelola TI dalam jangka panjang. Pengukuran tingkat kematangan pada layanan SIMKOP dianalisis dengan melakukan wawancara, observasi serta kuusioner. Dari hasil analisis pada dua domain ITIL yang digunakan, diketahui tingkat kematangan saat ini berada pada rata-rata 1,77 hingga 2,45 dari skala 0 hingga 5. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya berada pada skala 3 hingga 4 dari skala 0 hingga 5. Berdasakan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Dinas Koperasi dan UMKM untuk mencapai tingkat kematangan yang diharapkan untuk kedepannya. Adapun rekomendasi yang diberikan yaitu dengan membuat dokumentasi berupa manual prosedur dari setiap perubahan yang ada pada SIMKOP dan melakukan pengukuran dan memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi apabila terjadi penyimpangan, serta memberikan pelatihan kepada seluruh staff.</description><date>2016-03-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146777/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Fitrani, LaqmaDica (2016) Audit Sistem Infromasi Manajemen Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) v3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/235/051604036</relation><recordID>146777</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitrani, LaqmaDica
title Audit Sistem Infromasi Manajemen Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) v3
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146777/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/146777/
contents Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya memiliki layanan SIMKOP yaitu sebuah sistem monitoring dalam pelaporan, pembaharuan data, dan pengawasan kegiatan Koperasi dan UMKM di Kota Surabaya untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pelaporan dan pendampingan bagi Koperasi. Tetapi, sebagian besar pelaku koperasi belum melakukan pelaporan dan pembaharuan data pada sistem ini jadi karyawan harus menginputkan secara manual serta proses pengelolaan layanan belum tertata dengan baik sehingga SIMKOP kurang efektif dan efisien seperti yang diinginkan. Oleh karena itu perlu dilakukan audit layanan SIMKOP dengan melakukan analisis hasil audit SIMKOP, menganalisis kesenjangan hasil audit SIMKOP, serta menentukan rekomendasi untuk proses perbaikan tata kelola TI dalam jangka panjang. Pengukuran tingkat kematangan pada layanan SIMKOP dianalisis dengan melakukan wawancara, observasi serta kuusioner. Dari hasil analisis pada dua domain ITIL yang digunakan, diketahui tingkat kematangan saat ini berada pada rata-rata 1,77 hingga 2,45 dari skala 0 hingga 5. Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya berada pada skala 3 hingga 4 dari skala 0 hingga 5. Berdasakan tingkat kematangan saat ini maka akan diberikan rekomendasi yang dapat membantu Dinas Koperasi dan UMKM untuk mencapai tingkat kematangan yang diharapkan untuk kedepannya. Adapun rekomendasi yang diberikan yaitu dengan membuat dokumentasi berupa manual prosedur dari setiap perubahan yang ada pada SIMKOP dan melakukan pengukuran dan memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi apabila terjadi penyimpangan, serta memberikan pelatihan kepada seluruh staff.
id IOS4666.146777
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:39Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:09Z
recordtype dc
_version_ 1751454632853372928
score 17.538404