Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia

Main Author: Chandra, NivaIftitah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146760/1/Evaluasi_Pengalaman_Pengguna_%28User_Experience%29_pada_Aplikasi_Mobile_Banking_berbagai_Bank_di_Indonesia.pdf
http://repository.ub.ac.id/146760/
ctrlnum 146760
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146760/</relation><title>Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia</title><creator>Chandra, NivaIftitah</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia membuat instansi baik pemerintah maupun swasta mencoba meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi berbasis mobile. Seperti pada bidang perbankan, hampir seluruh instansi perbankan telah menerapkan layanan berupa aplikasi mobile yang disebut mobile banking. Aplikasi mobile banking merupakan suatu terobosan dari instansi perbankan untuk membantu dan mempermudah akses pengguna atau nasabah Bank yang ingin melakukan transaksi tanpa harus mendatangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun Bank. Namun, dari aplikasi mobile banking yang telah ada, masih banyak kekurangan yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna pada aplikasi mobile banking berbagai Bank di Indonesia secara subjektif dan objektif. Aplikasi mobile banking yang dievaluasi, antara lain: BCA Mobile, BNI SMS Banking, BRI Mobile dan Mandiri Mobile pada platform Android. Data yang digunakan dalam penelitian adalah 20 untuk evaluasi subjektif dengan memberikan kuesioner tahap 2 kepada peserta kuesioner. Sedangkan 12 data digunakan untuk evaluasi objektif dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta uji. Hasil perbandingan yang diperoleh dari nilai subjective rate terlihat bahwa aplikasi BNI SMS Banking memperoleh peringkat pertama. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi BNI SMS Banking memiliki tingkat User Experience secara subjektif paling baik. Hasil perbandingan dari evaluasi secara objektif dapat diketahui bahwa BCA Mobile merupakan aplikasi mobile banking paling efektif. Sedangkan Mandiri Mobile adalah aplikasi mobile banking paling efisien. Hasil dari evaluasi subjektif dan objektif diperoleh dari 32 responden (mahasiswa dan karyawan) yang berada di area PTIIK Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang dan perkantoran di sekitar kedua kampus tersebut.</description><date>2016-01-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146760/1/Evaluasi_Pengalaman_Pengguna_%28User_Experience%29_pada_Aplikasi_Mobile_Banking_berbagai_Bank_di_Indonesia.pdf</identifier><identifier> Chandra, NivaIftitah (2016) Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/22/051601340</relation><recordID>146760</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Chandra, NivaIftitah
title Evaluasi Pengalaman Pengguna (User Experience) Pada Aplikasi Mobile Banking Berbagai Bank Di Indonesia
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146760/1/Evaluasi_Pengalaman_Pengguna_%28User_Experience%29_pada_Aplikasi_Mobile_Banking_berbagai_Bank_di_Indonesia.pdf
http://repository.ub.ac.id/146760/
contents Meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia membuat instansi baik pemerintah maupun swasta mencoba meningkatkan pelayanan dengan meluncurkan aplikasi berbasis mobile. Seperti pada bidang perbankan, hampir seluruh instansi perbankan telah menerapkan layanan berupa aplikasi mobile yang disebut mobile banking. Aplikasi mobile banking merupakan suatu terobosan dari instansi perbankan untuk membantu dan mempermudah akses pengguna atau nasabah Bank yang ingin melakukan transaksi tanpa harus mendatangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun Bank. Namun, dari aplikasi mobile banking yang telah ada, masih banyak kekurangan yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat pengalaman pengguna pada aplikasi mobile banking berbagai Bank di Indonesia secara subjektif dan objektif. Aplikasi mobile banking yang dievaluasi, antara lain: BCA Mobile, BNI SMS Banking, BRI Mobile dan Mandiri Mobile pada platform Android. Data yang digunakan dalam penelitian adalah 20 untuk evaluasi subjektif dengan memberikan kuesioner tahap 2 kepada peserta kuesioner. Sedangkan 12 data digunakan untuk evaluasi objektif dengan memberikan tugas-tugas kepada peserta uji. Hasil perbandingan yang diperoleh dari nilai subjective rate terlihat bahwa aplikasi BNI SMS Banking memperoleh peringkat pertama. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi BNI SMS Banking memiliki tingkat User Experience secara subjektif paling baik. Hasil perbandingan dari evaluasi secara objektif dapat diketahui bahwa BCA Mobile merupakan aplikasi mobile banking paling efektif. Sedangkan Mandiri Mobile adalah aplikasi mobile banking paling efisien. Hasil dari evaluasi subjektif dan objektif diperoleh dari 32 responden (mahasiswa dan karyawan) yang berada di area PTIIK Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang dan perkantoran di sekitar kedua kampus tersebut.
id IOS4666.146760
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:39Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:09Z
recordtype dc
_version_ 1751454633154314240
score 17.538404