Perencanaan Strategis Sistem Informasi Mutu Pelayanan Pendidikan Dalam Menghadapi Persaingan Global Studi Kasus Taman Kanak- Kanak Putra Zaman Malang
Main Author: | Suryani, AnnisaMutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146654/1/Annisa_Mutia_Suryani_SkripsiFull.pdf http://repository.ub.ac.id/146654/ |
Daftar Isi:
- Taman Kanak- Kanak sebagai salah satu lembaga formal PAUD seperti terangkum dalam Undang- Undang (UU) RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjadi sebuah harapan baru dalam menumbuhkan pentingnya pendidikan karakter sejak dini. Perencanaan menjadi sesuatu yang penting karena dapat memudahkan suatu organisasi dalam memformulasikan sasaran serta rencana- rencana lain dan dapat mengarahkan sumber- sumber organisasi secara efektif. Teknologi informasi dan sistem informasi sebagai bagian perencanaan strategis membuat sebuah organisasi dapat meningkatkan keuntungan kompetitif, dan memenuhi tujuan strategis jika dilakukan secara tepat melalui sebuah perencanaan yang matang. Studi kasus penulis angkat disalah satu instansi pendidikan PAUD TK Terpadu Putera Zaman Penelitian ini dilakukan melalui analisis yang mendalam sehingga menghasilkan portofolio aplikasi yang memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan mutu pelayanan pendidikan dalam menghadapi persaingan global. Penelitian pada perencanaan sistem informasi menggunakan metode penelitian kualitatif dengan kerangka Perencanaan Strategi Sistem Informasi milik Ward and Peppard. Kerangka tersebut terdiri dari analisis internal dan eksternal bisnis, analisis internal dan eksternal SI/TI, penentuan portofolio aplikasi dan strategi SI/TI. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, sekolah berada pada kuadran 3 yaitu kelemahan-peluang. Strategi yang cocok untuk kondisi instansi pada kuadran 3 adalah strategi turnaround yaitu strategi bagaimana merebut pangsa pasar. Adapun CSF dengan nilai tertinggi berdasarkan analisis value chain dan BSC bertrut-turut memberikan beberapa sistem informasi yang terdiri dari Informasi Pendafaran Sekolah, Sistem Informasi Konsultasi Sekolah, Sistem Informasi Feedback Layanan Sekolah, dan Sistem Sosialisasi Edukasi dan Advokasi Anak. Keempat contoh sistem informasi tersebut kemudian dipetakan kedalam grid McFarlan dan menghasilkan pilihan- pilihan strategi SI/TI.