Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process – Technique for Order Preferences by Similarity to an Ideal Solution (AHP-TOPSIS) untuk Evaluasi Penentuan Jurusan Siswa Baru pada Sekolah Menengah Kejuruan
Main Author: | Alqudusyi, AndroZulfikar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/146640/1/SKRIPSI_Andro_Zulfikar.pdf http://repository.ub.ac.id/146640/ |
Daftar Isi:
- Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas menjadikan pemerintah mencari solusi dengan membentuk program wajib belajar 12 tahun. Sebagai penunjang kemampuan dalam menghadapi persaingan pada dunia kerja, SMK dianggap mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun banyaknya pilihan jurusan pada SMK menimbulkan permasalahan untuk calon siswa. Seperti pada SMK Negeri 11 Malang terdapat 7 jurusan yang berbeda, hal ini menimbulkan masalah baru bagi calon siswa untuk menentukan jurusan apa yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki. Maka dari itu, metode AHP-TOPSIS diimplementasikan dalam proses evaluasi penentuan jurusan SMK. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mempermudah dalam penilaian kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dimana pada proses penentuan dilakukan perhitungan dengan metode AHP untuk mencari nilai dari bobot prioritas dari kriteria penilaian untuk masing-masing jurusan yang kemudian dilakukan penentuan jurusan dengan metode TOPSIS yang menggunakan nilai bobot prioritas yang berasal dari metode AHP. Berdasarkan pengujian terhadap hasil sebenarnya, didapatkan nilai akurasi hanya mencapai 16.38% namun evaluasi penentuan jurusan dilakukan dengan pengujian validasi terhadap hasil pembelajaran siswa selama satu tahun akurasi meningkat menjadi 39.08%.