Penentuan Pemain Inti Tim Basket Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis

Main Author: Pradana, WielyYazid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146629/1/PENENTUAN_PEMAIN_INTI_TIM_BASKET_MENGGUNAKAN_METODE_AHP_DAN_TOPSIS.pdf
http://repository.ub.ac.id/146629/
ctrlnum 146629
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146629/</relation><title>Penentuan Pemain Inti Tim Basket Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis</title><creator>Pradana, WielyYazid</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran fisik seseorang. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan seseorang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Di Indonesia sendiri, basket menjadi salah olahraga yang paling diminati. Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu Universitas besar di kota malang, saat ini juga memiliki beberapa tim bola basket yang diorganisir oleh Unit Aktivitas Bola Basket Universitas Brawijaya (UABB-UB). Dalam setiap tahunnya, UABB-UB selalu menerima pendaftaran anggota baru bagi mahasiswa yang ingin bergabung dalam tim. Melihat perkembangan dan besarnya minat maka hal ini membuat UABB-UB mengalami kesulitan dalam menentukan pemain utama dalam tim karena skill yang dimiliki hampir sama satu sama lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah sistem untuk menentukan susunan pemain inti dengan menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan yang terdiri dari proses membuat matriks perbandingan berpasangan, menghitung normalisasi matriks, menghitung uji konsistensi dan menghasilkan bobot krteria untuk proses TOPSIS. Sedangkan Topsis terdiri dari proses normalisasi berpasangan dari data alternatif, setelah ini menghitung nilai normalisasi terbobot dari AHP dan proses normalisasi berpasangan TOPSIS. Nilai normalisasi terbobot nantinya digunakan untuk mencari nilai solusi ideal positif dan negatif serta jarak antar solusi ideal positif dan negatif. Nilai tersebut digunakan untuk menghitung nilai preferensi setiap alternatif. Kemudian melakukann perangkingan terhadap nilai preferensi. Hasil akurasi sistem yang didapatkan dari hasil pengujian adalah sebesar 80%.</description><date>2016-01-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146629/1/PENENTUAN_PEMAIN_INTI_TIM_BASKET_MENGGUNAKAN_METODE_AHP_DAN_TOPSIS.pdf</identifier><identifier> Pradana, WielyYazid (2016) Penentuan Pemain Inti Tim Basket Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2016/101/051601419</relation><recordID>146629</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pradana, WielyYazid
title Penentuan Pemain Inti Tim Basket Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis
publishDate 2016
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146629/1/PENENTUAN_PEMAIN_INTI_TIM_BASKET_MENGGUNAKAN_METODE_AHP_DAN_TOPSIS.pdf
http://repository.ub.ac.id/146629/
contents Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran fisik seseorang. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan seseorang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Di Indonesia sendiri, basket menjadi salah olahraga yang paling diminati. Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu Universitas besar di kota malang, saat ini juga memiliki beberapa tim bola basket yang diorganisir oleh Unit Aktivitas Bola Basket Universitas Brawijaya (UABB-UB). Dalam setiap tahunnya, UABB-UB selalu menerima pendaftaran anggota baru bagi mahasiswa yang ingin bergabung dalam tim. Melihat perkembangan dan besarnya minat maka hal ini membuat UABB-UB mengalami kesulitan dalam menentukan pemain utama dalam tim karena skill yang dimiliki hampir sama satu sama lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah sistem untuk menentukan susunan pemain inti dengan menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan yang terdiri dari proses membuat matriks perbandingan berpasangan, menghitung normalisasi matriks, menghitung uji konsistensi dan menghasilkan bobot krteria untuk proses TOPSIS. Sedangkan Topsis terdiri dari proses normalisasi berpasangan dari data alternatif, setelah ini menghitung nilai normalisasi terbobot dari AHP dan proses normalisasi berpasangan TOPSIS. Nilai normalisasi terbobot nantinya digunakan untuk mencari nilai solusi ideal positif dan negatif serta jarak antar solusi ideal positif dan negatif. Nilai tersebut digunakan untuk menghitung nilai preferensi setiap alternatif. Kemudian melakukann perangkingan terhadap nilai preferensi. Hasil akurasi sistem yang didapatkan dari hasil pengujian adalah sebesar 80%.
id IOS4666.146629
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:33Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:04Z
recordtype dc
_version_ 1751454633889366016
score 17.538404