Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Manabu (Pengenalan Huruf Hiragana Dan Katakana)

Main Author: Khoir, FirdaZiyadatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/146542/1/Laporan_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/146542/
ctrlnum 146542
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/146542/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Manabu (Pengenalan Huruf Hiragana Dan Katakana)</title><creator>Khoir, FirdaZiyadatul</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Banyak pengajar bahasa Jepang yang mengalami kesulitan pada pembelajaran bahasa Jepang tingkat awal untuk memperkenalkan huruf-huruf dalam karakter bahasa Jepang khususnya hiragana &amp;amp; katakana. Cara pengajaran konservatif selama ini yang menggunakan papan tulis dianggap tidak cukup efektif untuk membantu siswa agar mudah mengingat dan mengetahui cara menulis karakter hiragana dan katakana tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang dan diimplementasikan sebuah aplikasi perangkat bergerak sistem pembelajaran huruf hiragana dan katakana dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi ini menerapkan AR dalam tampilan animasi 3D dan contoh kata dari huruf hiragana dan katakana. Aplikasi dapat memberikan pilihan konten pembelajaran meliputi suara cara pengucapan, animasi cara penulisan huruf, dan contoh kata untuk setiap huruf. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengenali marker berupa karakter hiragana &amp;amp; katakana dengan baik pada tingkat kecerahan antara -60% sampai 60%, dan untuk jarak optimal pengenalan marker antara 15cm sampai 50cm. Pengujian pada 10 orang pengguna murid SD kelas IV dengan rentang umur 9 &#x2013; 10 tahun yang baru pertama kali belajar hiragana &amp;amp; katakana juga menunjukkan adanya efektivitas pembelajaran dimana 80% murid dapat memperoleh nilai diatas 65.</description><date>2015-11-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/146542/1/Laporan_Skripsi.pdf</identifier><identifier> Khoir, FirdaZiyadatul (2015) Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Manabu (Pengenalan Huruf Hiragana Dan Katakana). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2015/470/051600971</relation><recordID>146542</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khoir, FirdaZiyadatul
title Rancang Bangun Aplikasi Mobile Augmented Reality Manabu (Pengenalan Huruf Hiragana Dan Katakana)
publishDate 2015
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/146542/1/Laporan_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/146542/
contents Banyak pengajar bahasa Jepang yang mengalami kesulitan pada pembelajaran bahasa Jepang tingkat awal untuk memperkenalkan huruf-huruf dalam karakter bahasa Jepang khususnya hiragana &amp; katakana. Cara pengajaran konservatif selama ini yang menggunakan papan tulis dianggap tidak cukup efektif untuk membantu siswa agar mudah mengingat dan mengetahui cara menulis karakter hiragana dan katakana tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang dan diimplementasikan sebuah aplikasi perangkat bergerak sistem pembelajaran huruf hiragana dan katakana dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi ini menerapkan AR dalam tampilan animasi 3D dan contoh kata dari huruf hiragana dan katakana. Aplikasi dapat memberikan pilihan konten pembelajaran meliputi suara cara pengucapan, animasi cara penulisan huruf, dan contoh kata untuk setiap huruf. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengenali marker berupa karakter hiragana &amp; katakana dengan baik pada tingkat kecerahan antara -60% sampai 60%, dan untuk jarak optimal pengenalan marker antara 15cm sampai 50cm. Pengujian pada 10 orang pengguna murid SD kelas IV dengan rentang umur 9 – 10 tahun yang baru pertama kali belajar hiragana &amp; katakana juga menunjukkan adanya efektivitas pembelajaran dimana 80% murid dapat memperoleh nilai diatas 65.
id IOS4666.146542
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:48:28Z
last_indexed 2021-10-28T07:34:00Z
recordtype dc
_version_ 1751454634221764608
score 17.538404